1 Oktober 2020

PEMERINTAH KABUPATEN SUMBA TENGAH

WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN SUMBA TENGAH

SUMBER AIR WEEWITU DAN WEELASARA MENJADI KONTRIBUSI BAGI 4 DESA

Waibakul – Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah terus menaruh perhatian serius demi terwujudnya dan tercapainya kesejahteraan bagi masyarakat.

Salah satu keseriusan Pemda adalah Air Bersih.
Air bersih merupakan salah satu program dari 11 Program Strategis atau yang lebih dikenal dengan slogan Pro Oli Milla yang berarti keberpihakan Pemerintah terhadap masyarakat kurang mampu.

Dinahkodai Paulus S. K. Limu dan Daniel Landa, sentuhan program Pro Oli Milla mendapat sambutan baik dari Oli Milla atau masyarakat kurang mampu yang merindukan pelayanan dan aksi nyata dari pemerintah.

Pada Selasa (03/08/2020), Bupati Sumba Tengah Paulus S. K. Limu kembali menyempatkan diri meninjau Sumber Air Weewitu di Desa Ole Dewa dan Sumber Air Weelasara di Desa Bondosula, Kecamatan Mamboro.

Dijelaskannya, bahwa Sumber Air Weewitu dan Weelasara mempunyai potensi untuk dikelola dan dimanfaatkan sehingga menjadi kontribusi bagi warga di 4 Desa yakni Desa Weeluri, Desa Bondosula, Desa Ole Ate dan Desa Ole Dewa.

“Air ini akan dites terlebih dahulu menggunakan pompa berukuran 3 dim, agar diketahui dengan pasti berapa debitnya, jika debitnya mencapai 10 liter per detik maka air ini diharapkan mampu penuhi kebutuhan warga di 3 (tiga) Desa sekitarnya yaitu Desa Ole Ate, Desa Weeluri dan Desa Bondosula,”

Selain itu, air ini bisa dioptimalkan untuk pengembangan holtikultura, mengingat disekitar Sumber Air Weewitu ini terdapat kebun milik masyarakat, mengapa demikian, karena dirinya mengetahui dan meyakini bahwa warga desa tersebut dikenal dengan pekerja keras dan ulet.
Tidak itu saja, kedepan air ini juga bisa berkontribusi untuk menyuplai sumber air Weesoka yang terletak di Desa Ole Ate yang saat ini sementara dikerjakan pembangunan Reservoirnya.” Ucapnya.

Sementara ketika meninjau Sumber Air Weelasara di Desa Bondusula, Mantan Inspektur Propinsi NTT itu menuturkan bahwa debit air cukup besar, setelah melihat dan menyaksikan pompa yang digunakan untuk mengetes air tersebut, jelas terlihat debit air yang keluar cukup besar dan kuat.

“Air ini cukup kuat, menurut perkiraan saya air ini dapat mencapai debit 2 liter perdetik, bahkan bisa juga lebih.
Jika debitnya mencapai 3 liter per detik, Ia meminta agar air ini dioptimalkan warga untuk irigasi selain untuk air minum dan kebutuhan lainnya.” Ujarnya.

“Suatu kebahagiaan dan kenikmatan bagi kami ketika melihat masyarakat bahagia dan merasakan manfaat dari program dan pelayanan yang kami lakukan.

“Yang berbahagia adalah mereka yang mencari dan menemukan cara untuk melayani dan mari tanamkanlah selalu bahwa kerja adalah Ibadah bagi Pro Oli Milla demi Kemulian Allah.” Tutup Paulus.

(Humas Sumba Tengah)