ODP COVID-19 DI KABUPATEN SUMBA TENGAH BERJUMLAH 7 ORANG

SHARE

Waibakul, Humas Sumba Tengah -
Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumba Tengah, J. Yullens E. Ballu, S.STP, menyampaikan data terkini Orang Dalam Pemantauan (ODP) kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid)-19 di Kabupaten Sumba Tengah.

“Data terkini ODP di Sumba Tengah hingga hari ini berjumlah 7 (tujuh) orang (hari Jumat kemarin berjumlah 4 (empat) orang),” kata Yullens melalui data monitoring kewaspadaan infeksi Covid-19. Sabtu, 28 Maret 2020.

Yullens merincikan ada 6 (enam) Kecamatan di Kabupaten Sumba Tengah dengan rincian ODP sebagai berikut : Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat ada 5 (lima) orang, 3 (tiga) orang dinyatakan sembuh, 2 (dua) orang masih menjalani karantina mandiri di rumah, Kecamatan Mamboro ada 2 (dua) orang, 1(satu) orang sementara menjalani perawatan di Rumah Sakit Lende Moripa Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat dikarenakan ODP tersebut sedang hamil dan berasal dari daerah yang terpapar Covid-19 yaitu Serang, Provinsi Banten, sementara 1 (satu) orang lainnya saat ini sedang menjalani karantina mandiri di rumah.

Sementara 4 (empat) Kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Katiku Tana, Kecamatan Katiku Tana Selatan, Kecamatan Umbu Ratu Nggay dan Kecamatan Umbu Ratu Nggay Tengah belum ditemukan kasus ODP.

Lanjut menurut Yullens 7 (tujuh) ODP tersebut, 3 (tiga) orang sudah sembuh dan 4 (empat) ODP sedang menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.
Saat ini pula ada 185 pelaku perjalanan dalam pemantauan, dari jumlah 185 ODP tersebut, 9 orang sudah selesai menjalani karantina mandiri selama 14 hari tanpa ditemukan adanya tanda-tanda atau gejala apapun.

“Kita tidak usah cemas, panik apalagi takut. Ikuti protap yang dikeluarkan WHO dan protokol dari pemerintah pusat. Kita hanya minta masyarakat Kabupaten Sumba Tengah taat dan patuh kepada protokol pemerintah tersebut,” tandas Yullens seraya meminta dukungan semua pihak agar pencegahan wabah Covid-19 di Kabupaten Sumba Tengah mendapatkan hasil yang terbaik sesuai harapan semua pihak.

Tim Gugus Tugas Covid-19 mengapresiasi dukungan dan perhatian dari masyarakat yang turut berpartisipasi dalam membantu pencegahan Covid-19 seperti melakukan sosialisai kepada sesama masyarakat dan menyebarkan brosur.
Atas prestasi inilah Tim Gugus Tugas Covid-19 memperoleh bantuan materi berupa sabun cuci tangan dan lain-lain yang diperoleh dari masyarakat dikarenakan melihat kinerja Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sumba Tengah dalam pencegahan Covid-19 berdasarkan data monitoring kewaspadaan infeksi Covid-19 yang dilakukan bersama Tim Medis dan Relawan." Ucap Yullens. (Humas Sumba Tengah)