BUPATI SUMBA TENGAH : REHABILITASI EMBUNG LOKU JANGI UNTUK MENAMBAH KAPASITAS TAMPUNG DAN VOLUME AIR
BUPATI SUMBA TENGAH : REHABILITASI EMBUNG LOKU JANGI UNTUK MENAMBAH KAPASITAS TAMPUNG DAN VOLUME AIR.

By Admin Kabupaten Sumba Tengah 25 Jan 2020, 00:58:18 WIB umum
BUPATI SUMBA TENGAH : REHABILITASI EMBUNG LOKU JANGI UNTUK MENAMBAH KAPASITAS TAMPUNG DAN VOLUME AIR

BUPATI SUMBA TENGAH : REHABILITASI EMBUNG LOKU JANGI UNTUK MENAMBAH KAPASITAS TAMPUNG DAN VOLUME AIR.

Waibakul, Sumba Tengah – Embung Loku Jangi merupakan salah Embung terbesar yang ada di Kabupaten Sumba Tengah, sehingga harus lebih dioptimalkan agar dapat dimanfaatkan jika curah hujan menurun. Tujuan rehabilitasi Embung tersebut agar memperluas areal sehingga menambah kapasitas tampungan air dalam Embung.

Embung Loku Jangi terletak di Desa Dasa Elu, Kecamatan Katiku Tana Selatan, dalam tahap rehabilitasi oleh Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II dengan dana APBN murni mencapai Rp. 41 Miliyar lebih.

Setelah meninjau Embung Loku Jangi yang sementara di Rehabilitasi, Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus S. K. Limu mengatakan, Embung Loku Jangi merupakan yang terbesar di sumba Tengah untuk pengairan sehingga harus di optimalkan. Luas Embung menjacapi 17 hektare dengan kapasitas tambung mencapai 1.000.000 kubit.

Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S. K. Limu sedang berbincang dengan para pekerja Rehabilitasi Embung Loku Jangi

“total keseluruhan lahan pertanian mencapai 400.000 haktare dengan  lahan irigasi 1.000 hektare, sedangkan lahan produktif yang memanfaatkan air dari Embung hanya sekitar 500 haktere sehingga dengan dioptimalkannya Embung memberikan dampak yang positif bagi hasil pertanian di Kabupaten Sumba Tengah.”imbuhnya.

Bupati Sumba tengah sangat berharap agar kontraktor pelaksana dapat memberikan hasil dengan kualitas terbaik karena Embung ini merupakan salah satu yang menunjang perekonomian masyarakat di Kabupaten Sumba Tengah.

Terkait Bendungan yang dijanjikan Presiden RI untuk Kabupaten Sumba Tengah, saat ini sudah pada tahapan penentuan koordinat antara Pemda Kabupaten, Provinsi dan Balai sungai wilayah sungai.

“Survei awal sudah pada tingkat elevansinya, sumber air dan areal sawah dan hasil survei kita akan paparkan bulan Juli kepada gubernur, mentri bahwa ke Presiden. Tahun 2019 harus sudah dalam persiapan. Kita harus lebih proaktif dengan respon cepat Pak Jokowi untuk segera membangun bendungan.”tegasnya. (humas)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • helmiboy

    informasi yang sangat menarik. sy doakan Sumba Tengah semakin maju ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video