18 September 2020

PEMERINTAH KABUPATEN SUMBA TENGAH

WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN SUMBA TENGAH

Desa Mandiri Pariwisata

Penanggung jawab program : Dinas Pariwisata

Sumber Dana : DAK untuk Program Pengembangan SDM dan DAU untuk Setiap

Program Kegiatan

Pariwisata terintegrasi merupakan kegiatan mensinergikan semua kegiatan yang menjadi destinasi wisata dan kebudayaan mulai dari pengembangan pariwisata, pengembangan kebudayaan mengelola kemitraan dan mempromosikan segala hal yang memiliki nilai jual dalam pariwisatadan kebudayaan.

Perolehan devisa dari sector paiwisata menempati posisi ke 3 (tiga) setelah potensi ekspor sawit dan batubara. Bahkan devisa sector pariwisata bersifat strategis karena langsung masuk dan dikonfrsikan ke dalam rupiah.

Kabupaten sumba tengah memiliki banyak sekali destinasi wisata dan kebudayaan yang sementara ini masih dikembangkan dan terus diopromosikan agar memiliki daya Tarik bagi masyarakat luas baik dalam maupun l;uar negeri.

Fokus pengembangan Desa Mandiri Wisata bertempat di Lokurata dan Umbu Mamijuk, sedangkan untuk Desa Wisata yang sementara akan dikembangkan tersebar di beberapa daerah, diantaranya Desa Kabela Wuntu Kecamatan Katikutana dengan Objek wisata Kampung Adat Praimarada, Desa Manurara Kecamatan Katikutana Selatan dengan objek wisata Air Terjun Matayangu, Desa Malinjak Kecamatan Katikutana Selatan dengan Objek wisata Danau Laimadat, Desa Maderi Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat dengan Objek wisata Kampung Adat Maderi dan Desa Lenang Kecamatan Umbu Ratu Nggay dengan Objek wisata Pantai Pahar.

Dinas Pariwisata sementara ini telah melakukan berbagai inovasi untuk menambah nilai jual promosi dalam Destinasi Wisata dan Kebudayaan, salah satunya melakukan pelatihan terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang memiliki kemampuan membuat kerajinan tangan diantaranya kain tenun dan anyaman dari bahan-bahan lokal.

Harapan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah Pariwisata Sumba Tengah bias dikenal masyarakat luas baik dalam maupun luar negeri, apabila pariwisata dan kebudayaan telah memiliki nilai jual dengan potensi yang baik maka ini akan sangat membantu perekonomian masyarakat khususnya Sumba Tengah.