KABUPATEN SUMBA TENGAH DAN KABUPATEN SUMBA BARAT SEPAKAT SELESAIKAN TAPAL BATAS.
KABUPATEN SUMBA TENGAH DAN KABUPATEN SUMBA BARAT SEPAKAT SELESAIKAN TAPAL BATAS.

By Admin Kabupaten Sumba Tengah 25 Jan 2020, 00:51:57 WIB umum

Berita Terkait

Berita Populer

KABUPATEN SUMBA TENGAH DAN KABUPATEN SUMBA BARAT SEPAKAT SELESAIKAN TAPAL BATAS.

KABUPATEN SUMBA TENGAH DAN KABUPATEN SUMBA BARAT SEPAKAT SELESAIKAN TAPAL BATAS.

01 Oktober 2019.

Waibakul, Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah dan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat sepakat menyelesaikan tata administrasi pemerintahan antar kedua kabupaten menyangkut tapal batas. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama kedua kabupaten di Sahira Pakuan Hotel Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/8/2019). Acara ini difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi NTT dan Kementerian Dalam Negeri.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dihadiri Pemerintah dan tokoh masyarakat kedua kabupaten, dari Kabupaten Sumba Barat hadir Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, dan sejumlah tokoh masyarakat antara lain T.L Ora, S.H, Ir.Datu Todu dan Ibu Ida Say, sedangkan dari Sumba Tengah hadir, Bupati Sumba Tengah, Drs.Paulus SK Limu, dan staf serta tokoh masyarakat Sumba Tengah yakni Drs.Umbu Djima, Drs.Umbu Sappi Pateduk dan Umbu Tipuk Marisi.

Istimewa/: Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama kedua kabupaten di Sahira Pakuan Hotel Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/8/2019).

Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus SK Limu, di ruang kerjanya, selasa (02/9/2019) mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah dan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat serta tokoh masyarakat dan juga tim tapal batas sudah melakukan proses penyelesaian tapal batas yang cukup panjang hampir 5 tahun, sehingga saat ini sudah ada titik terang dan melakukan penandatanganan kesepakatan.

“Kemarin di bogor merupakan proses akhir dari perjuangan yang panjang, hampir kurang lebih 5 tahun, dan dalam 5 tahun kami melakukan sosialisasi, diskusi serta disepakati bersama anatar Sumba Barat dan Sumba Tengah terkait batas – batas wilayah”, imbuhnya.

Menurutnya, kesepakan ini hanya soal administratif saja, sedangkan terkait kepemilikan lahan di batas wilayah itu tidak menjadi persoalan karena ini hanya batas wilayah bukan batas negara. “misalnya, ada orang Sumba Barat ada tanah di Wilayah Sumba Tengah dan sebaliknya itu tidak ada persoalan”, tegasnya.
lanjutnya, karena sudah ada Kesepakatan dan disetujui lewat penandatangan antar dua kabupaten maka ini adalah hukum tertinggi agar ditetapkan dalam peraturan Dalam Negeri terkait tapal batas wilayah.

Istimewa/: Penandatanganan kesepakatan tersebut dihadiri Pemerintah dan tokoh masyarakat kedua kabupaten di Sahira Pakuan Hotel Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/8/2019).

Sementara, Asisten l bidang tata pemerintahan dan kesejahteraan sosial, Adri U. R. Sabaora menyebutkan titik-titip yang sudah di sepakati adalah bagian utara : susu wendewa wilayah Karendi dan Wailuri KM-9, bagian Tengah : Waitakedjak wilayah Umbu Riri dan bagian selatan: Matayangu wilayah Manu Rara.
“Kami akan melakukan sosialisasi per segmen kepada masyarakat yang ada dibatas wilayah serta sosialisasi secara Kabuaten agar semua masyarakat, pemangku kepentingan dapat mengetahui titik-titik batas wilayah tersebut”, tegasnya. (Humas).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • helmiboy

    informasi yang sangat menarik. sy doakan Sumba Tengah semakin maju ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video