Waktu di Waibakul: dinas PMD
header-int

dinas PMD

Posted by : Administrator
Share

  1. DASAR PEMBENTUKAN DINAS PMD

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sumba Tengah Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan, Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sumba Tengah dan Peraturan Bupati Sumba Tengah Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Sumba Tengah yang mempunyai tugas pokok membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang pemberdayaan masyarakat dan desa yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah.

  1. STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

Berdasarkan agenda pokok dan prioritas pembangunan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sumba Tengah Tahun 2018 – 2023, maka arah kebijakan dan program Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumba Tengah tahun 2019 – 2023 harus mendukung kelima agenda prioritas pembangunan Kabupaten Sumba Tengah  lima tahun kedepan.

Dalam mewujudkan target tersebut Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai salah satu organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah yang membantu menyelenggarakan tugas dan tanggung jawab Bupati Sumba Tengah dibidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, menetapkan 9 (sembilan) arah kebijakan program pembangunan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumba Tengah pada tahun 2019 – 2023 yaitu :

Keterkaitan antara sasaran, strategi, arah kebijakan dan kebijakan umum diuraikan sebagai berikut :

Visi : Sumba Tengah Sejahtera, Berkarakter Dan Berdaya Saing

Misi Pertama : Meningkatkan kapasitas aparatur dan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan profesional serta berjiwa melayani

 

NO

 

SASARAN

STRATEGI

ARAH KEBIJAKAN

KEBIJAKAN UMUM

1

Meningkatnya  Pelayanan Administrasi Perkantoran yang baik

Peningkatan Pengelolaan administrasi kantor

Meningkatkan  Pelayanan Administrasi Perkantoran yang baik

Penguatan kualitas Pelayanan Administrasi Perkantoran yang baik

2

Terwujudnya Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

Peningkatan pengembangan

Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

meningkatkan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

Penguatan kualitas Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

3

Meningkatnya Koordinasi antara Sektor

Peningkatan koordinasi antara sektor

Meningkatkan Koordinasi antara Sektor

Penguatan Koordinasi antara Sektor

4

Meningkatnya Kapasitas  ASN Dinas PMD Sebagai Pengelola Bidang  Pemberdayaan Dan Desa

Peningkatan Kapasitas  ASN Dinas PMD Sebagai Pengelola Bidang  Pemberdayaan Dan Desa

Meningkatkan Kapasitas  ASN Dinas PMD Sebagai Pengelola Bidang  Pemberdayaan Dan Desa

Penguatan Kapasitas  ASN Dinas PMD Sebagai Pengelola Bidang  Pemberdayaan Dan Desa

5

Meningkatnya Kapasitas Pemerintah Desa Untuk Menciptakan  Tata Kelola Pemerintah Desa Yang Baik

Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa Untuk Menciptakan  Tata Kelola Pemerintah Desa Yang Baik

Meningkatkan Kapasitas Pemerintah Desa Untuk Menciptakan  Tata Kelola Pemerintah Desa Yang Baik

Penguatan Kapasitas Pemerintah Desa Untuk Menciptakan  Tata Kelola Pemerintah Desa Yang Baik

Misi Kelima : Mewujudkan masyarakat Sumba Tengah yang berbudaya, tenteram dan berkepribadian

6

Meningkatnya Penataan Kelembagaan Desa  Dan Mengembangkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa

Peningkatan Penataan Kelembagaan Desa  Dan Mengembangkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa

Meningkatkan Penataan Kelembagaan Desa  Dan Mengembangkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa

Penguatan Penataan Kelembagaan Desa  Dan Mengembangkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa

7

Berkembangnya Produk Unggulan Lokal Berpijak Sumber Daya Alam Yang Dimiliki Dengan Sentuhan Teknologi Tepat Guna  Berbasis Kawasan Perdesaan

Peningkatan pengembangan Produk Unggulan Lokal Berpijak Sumber Daya Alam Yang Dimiliki Dengan Sentuhan Teknologi Tepat Guna  Berbasis Kawasan Perdesaan

Meningkatkan pengembengan Produk Unggulan Lokal Berpijak Sumber Daya Alam Yang Dimiliki Dengan Sentuhan Teknologi Tepat Guna  Berbasis Kawasan Perdesaan

Pemantapan Produk Unggulan Lokal Berpijak Sumber Daya Alam Yang Dimiliki Dengan Sentuhan Teknologi Tepat Guna  Berbasis Kawasan Perdesaan

8

Meningkatnya Kapasitas Lembaga Usaha Ekonomi Masyarakat Di Desa

Peningkatan Kapasitas Lembaga Usaha Ekonomi Masyarakat Di Desa

Meningkatkan Kapasitas Lembaga Usaha Ekonomi Masyarakat Di Desa

Penguatan Kapasitas Lembaga Usaha Ekonomi Masyarakat Di Desa

9

Meningkatnya Ketrampilan Dan Akses Permodalan Bagi Masyarakat

Peningkatan Ketrampilan Dan Akses Permodalan Bagi Masyarakat

Meningkatkan Ketrampilan Dan Akses Permodalan Bagi Masyarakat

Pemantapan kapasitas Ketrampilan dan Akses Permodalan Bagi Masyarakat

  1. PROGRAM 5 TAHUN
  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  3. Program peningkatan Disiplin Aparatur
  4. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  5. Program Peningkatan  Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan keuangan
  6. Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan
  7. Program pengembangan lembaga ekonomi pedesaan
  8. Program peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun desa
  9. Program peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa
  10. Program peningkatan peran perempuan di perdesaan
  11. Program Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat



Streaming Provider by :
SUMBATENGAHKAB.GO.ID
Unidha Alamat Kantor : Kompleks Pemerintahan Makatul. Waibakul. Sumba Tengah. Nusa Tenggara Timur # Telpon : 081337124444 # Email : admin@sumbatengahkab.go.id
© 2020 Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah Follow Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah : Facebook Twitter Linked Youtube