Waktu di Waibakul: dinas sosial
header-int

dinas sosial

Posted by : Administrator
Share

DINAS SOSIAL

  1. DASAR PEMBENTUKAN

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sumba Tengah Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupen Sumba Tengah dan Peraturan Bupati Nomor  34 Tahun  2016  tentang Kedudukan,  Susunan Organisasi,  Tugas Pokok  dan  Fungsi serta Tata Kerja Dinas  Daerah, Dinas Sosial mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan Pemerintahan di bidang Sosial yang menjadi kewenangan daerah dan Tugas Pembantuan yang di tugaskan Kepala Daerah.

  1. TUGAS DAN FUNGSI

Dalam melaksanakan Tugas Pokok, Dinas Sosial Kabupaten Sumba Tengah menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan kebijakan terkait urusan sosial;
  2. Pelaksanaan kebijakan terkait urusan sosial.
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan terkait urusan sosial;
  4. Pelakasaan administrasi urusan sosial;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait urusan sosial.
  1. STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

Rumusan strategi menjelaskan bagaimana tujuan dan sasaran akan dicapai yang selanjutnya diperjelas dengan serangkaian arah kebijakan. Rumusan strategi juga harus menunjukkan keinginan yang kuat bagaimana Pemerintah  Daerah menciptakan nilai tambah  (value  added)  bagi stakeholder pembangunan daerah.  Di sini penting untuk mendapatkan parameter  utama  yang  menunjukkan bagaimana strategis tersebut menciptakan nilai (strategic objective). Melalui parameter tersebut, dapat dikenal indikasi keberhasilan atau kegagalan suatu strategi sekaligus untuk menciptakan budaya  “berpikir strategik”  dalam menjamin bahwa transformasi menuju pengelolaan keuangan pemerintah daerah yang lebih baik,  transparan,  akuntabel  dan  berkomitmen terhadap kinerja, strategi harus dikendalikan dan dievaluasi (learning process).

STRATEGI

ARAH KEBIJAKAN

  1. meningkatkan kemitraan dengan Orsos/Lembaga kesejahteraan sosial, PSKS, relawan Sosial, pihak swasta, pelaku dunia usaha dalam memberikan bantuan, pelayanan rehabilitasi bagi PMKS yang dapat menjangkau seluruh sasaran, KPM secara adil dan merata.
  2. Peningkatan aksesibilitas, perluasan, pemerataan pemberian bantuan, pelayanan bagi PMKS dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar, serta pemahaman nilai nilai kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial
  3. Peningkatan sistem perlindungan, jaminan dan pelayanan kesejahteraan sosial yang berpihak kepada pengakuan atas hak-hak dasar warga
  1. Pengembangan kemampuan kepada Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) menjadi tenaga yang profesional dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), serta peningkatan nilai nilai sosial kepahlawanan dan nilai kesetiakawanan sosial
  2. Memperkuat kerjasama dan koordinasi antara penyelenggara kegiatan kesejahteraan sosial baik pemerintah maupun masyarakat serta meningkatkan dan mengoptimalkan sumber daya potensi kesejahteraan sosial dan peran masyarakat dalam pembangunan bidang kesejahteraan sosial secara terpadu dan berkelanjutan
  1. Meningkatkan kapasitas dan SDM kesejahteraan sosial (PSKS) dalam pananganan PMKS
  2. Meningkatkan dan mengembangkan sistem data dan informasi terpadu  PMKS dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial
  1. Memberikan pelayanan dan bantuan stimulan UEP, bantuan sosial lainnya, serta penguatan modal usaha baik perorangan, keluarga, kelompok / komunitas maupun masyarakat
  2. Memberikan pelayanan langsung yang berkualitas dan penyediaan sarana prasarana untuk melindungi, merehabilitasi dan memberdayakan sekaligus pemenuhan kebutuhan dasar PMKS
  3. Pengembangan Perlindungan dan Jaminan Sosial serta Strategi Pendayagunaan Sumber Dana Sosial Pengelolaan Sumber dana Sosial untuk Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial
  4. Pengembangan sistem data dan informasi terpadu  PMKS dan PSKS dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial
  1. PROGRAM 5 TAHUNAN
  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. Program Peningkatan Saranan dan Prasarana Aparatur
  3. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  4. Program Pelayanan dan Rehabilitasi Kesejahteraan Sosial
  5. Program Pembinaan Anak Terlantar
  6. Program Pembinaan Para Penyandang Cacat dan Trauma
  7. Program Pembinaan Panti Asuhan / Panti Jompo
  8. Program Pemberdayaan Kelembagaan Kesejahteraan   Sosial
  9. Program Perlindungan dan Jaminan Sosial
  10. Program Pemberdayaan Fakir Miskin, Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan  Sosial  (PMKS)  Lainnnya

 

 

 

 

 



Streaming Provider by :
SUMBATENGAHKAB.GO.ID
Unidha Alamat Kantor : Kompleks Pemerintahan Makatul. Waibakul. Sumba Tengah. Nusa Tenggara Timur # Telpon : 081337124444 # Email : admin@sumbatengahkab.go.id
© 2020 Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah Follow Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah : Facebook Twitter Linked Youtube