Waktu di Waibakul: inspektorat
header-int

inspektorat

Posted by : Administrator
Share

INSPEKTORAT

 

  1. DASAR PEMBENTUKAN

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sumba Tengah Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sumba Tengah dan Peraturan Bupati Sumba Tengah Nomor 32 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Inspektorat Kabupaten Sumba Tengah.

 

  1. TUGAS DAN FUNGSI

Kedudukan Inspektorat yang merupakan unsur staf, dipimpin Inspektur berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati mempunyai tugas dan kewajiban membantu Bupati dalam membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh Perangkat Daerah.

Inspektorat mempunyai fungsi sebagai berikut :

    1. Penyusunan perencanaan program pengawasan;
    2. Perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan; 
    3. Pemeriksaan dan evaluasi hasil pengawasan;
    4. Pengusutan terhadap indikasi tindak penyimpangan;
    5. Pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, review, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya;
    6. Pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Bupati;
    7. Penyusunan laporan hasil pengawasan;
    8. Pelaksanaan administrasi inspektorat; dan
    9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas pokoknya.

 

  1. STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

Strategi adalah rumusan umum untuk mencapai sasaran secara spesifik yang dijabarkan ke dalam masing-masing kebijakan berdasarkan analisis SWOT Strength/kekuatan, Weakness/kelemahan, Opportunities/peluang, Threat/tantangan.

Strategi dan kebijakan yang ditetapkan akan menjadibahan penyusunan program, kegiatan dan kerangka pendanaan yang tepat dalam rangkapencapaian visi dan misi Bupatidan Wakil Bupati Sumba Tengah periode 2018 - 2023,sebagaimana pada Tabel berikut ini :

 

Visi              : Sumba Tengah Sejahtera, Berkarakter dan Berdaya Saing

Misi 1                    :Meningkatkan kapasitas aparatur dan tata kelola pemerintahan yang                 akuntabel dan profesional serta berjiwa melayani

Tujuan

Sasaran

Strategi

Arah Kebijakan

  1. Meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan.
  1. Meningkatnya kualitas administrasi perkantoran, sarana prasarana dan sumber daya aparatur

Meningkatkan pengelolaan administrasi perkantoran, sarana prasana dan sumber daya aparatur

  1. Melaksanakan pengelolaan adminsitrasi perkantoran secara efektif, efisien dan ekonomis;
  2. Memaksimalkan sarana dan prasarana pendukung tugas dan fungsi pengawasan;
  3. Melaksanakan bimtek, diklat, sosialisasi, supervisi dan konsultasi untuk peningkatan kapasitas aparatur.
  1. Meningkatnya akuntabilitas keuangan dan akuntabilitas kinerja OPD

Meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan kinerja OPD

  1. Melaksanakan reviu atas perencanaan pembangunan;
  2. Melaksanakan reviu pengadaan barang dan jasa;
  3. Melaksanakan reviu laporan keuangan;
  4. Melaksanakan reviu SAKIP;
  5. Menyusun laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Pemerintah sebagai salah satu indikator menuju WTP.
  1. Meningkatkan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang efektif, efisien dan akuntabel sebagai upaya pencegahan terjadinya penyimpangan dan penyelewengan.
  1. Tercapainya pengawasan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel

Melaksanakan pengawasan internal secara berkala (pemeriksaan reguler pada OPD/Unit Kerja, Desa, Sekolah dan Puskesmas)

  1. Melaksanakan pengawasan terhadap obrik berbasis resiko;
  2. Menyusun dan menyempurnakan norma, standar, kebijakan dan prosedur pengawasan;
  3. Memenuhi infrastruktur pengawasan mulai dari perencanaan sampai pelaporan;
  4. Melaksanakan pemeriksaan sesuai PKPT;
  5. Melaksanakan monev atas proses pemeriksaan.

Meningkatkan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan oleh BPK, BPKP, Inspektorat Provinsi dan Inspektorat Kabupaten

  1. Melaksanakan pemuktahiran data atas tindak lanjut hasil pengawasan internal dan eksternal;
  2. Melaksanakan pemantauan atas tindak lanjut;
  3. Melaksanakan penyelesaian TPTGR dan TPKN/D
  1. Terwujudnya pelaksanaan pengendalian pungli, gratifikasi dan pemberantasan korupsi di Kabupaten Sumba Tengah

Percepatan pembentukan unit pengendali pungli,  gratififkasi dan pemberantasan korupsi serta memastikan pelaksanaannya berjalan

  1. Melaksanakan pengendalian pungli dan gratifikasi pada Perangkat Daerah;
  2. Melaksanakan penilaian mandiri reformasi birokrasi;
  3. Menyusun dan melakukan rencana aksi pemberantasan korupsi terintegrasi bersama KPK;
  4. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pemberantasan pungli, gratifikasi dan korupsi.
  1. Meningkatkan kompetensi, profesionalisme dan integritas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi.

 

  1. Terwujudnya peningkatan kapabilitas APIP dan pelaksanaan maturitas SPIP

Meningkatkan kapabilitas APIP Inspektorat Kabupaten Sumba Tengah

  1. Menyediakan anggaran;
  2. Mengusulkan penambahan jumlah tenaga pemeriksa berdasarkan analisis beban kerja;
  3. Mengusulkan pemenuhan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pengawasan;
  4. Menyusun dan penyempurnakan Kendali Mutu Audit;
  5. Menyusun dan menyempurnakan infrastruktur pendukung penilaian kapabilitas APIP;
  6. Melaksanakan self assessment/ penilaian mandiri peningkatan kapabilitas APIP;
  7. Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi dengan perwakilan BPKP Provinsi NTT, Inspektorat Provinsi dan APIP lainnya.

Menerapkan SPIP

  1. Menerapkan SPIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah;
  2. Melaksanakan self assessment/ penilaian mandiri penilaian maturitas SPIP;
  3. Mengembangkan sistem informasi manajemen hasil pengawasan berbasis komputer.

 

  1. PROGRAM 5 TAHUN
  1. Program pelayanan administrasi perkantoran.
  2. Program peningkatan sarana dan prasarana aparatur.
  3. Program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur.
  4. Program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja keuangan.
  5. Program peningkatan sistem pengawasan internal dan pengendalian pelaksanaan kebijakan kdh.
  6. Program pengembangan tenaga pemeriksa dan aparatur pengawasan.
  7. Program penataan dan penyempurnaan kebijakan sistem dan prosedur pengawasan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Streaming Provider by :
SUMBATENGAHKAB.GO.ID
Unidha Alamat Kantor : Kompleks Pemerintahan Makatul. Waibakul. Sumba Tengah. Nusa Tenggara Timur # Telpon : 081337124444 # Email : admin@sumbatengahkab.go.id
© 2020 Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah Follow Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah : Facebook Twitter Linked Youtube