Waktu di Waibakul: kecumburatunggay
header-int

kecumburatunggay

Posted by : Administrator
Share

KECAMATAN UMBU RATU NGGAY

  1. DASAR PEMBENTUKAN

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sumba Tengah Nomor  8 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan dan Peraturan Bupati Sumba Tengah Nomor 56 Tahun 2008 Tentang Tugas Pokok Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan.

  1. TUGAS DAN FUNGSI

Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan.

Berdasarkan sejumlah regulasi aturan perundang-undanganan di atas bahwa rujukan dimaksud antara lain untuk:

  1. Mendorong Kecamatan Umbu Ratu Nggay untuk menyusun rencana program dan kegiatan atas sebagian dari kewenangan Bupati Sumba Tengah utamanya di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam rangka mencegah tumpang tindih program dan kegiatan dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumba Tengah dan Bagian Tata Pemerintahan  pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Tengah yang juga berperan dalam pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum, pembangunan dan pembinaan ketentramanan masyarakat desa secara umum.
  2. Mendorong Kecamatan Umbu Ratu Nggay untuk menyusun rencana program dan kegiatan yang masuk dalam batas tugas pokok dan fungsinya dalam rangka mencegah terjadinya tumpang tindih koordinasi  programdan kegiatan dengan tugas pokok dan fungsi SKPD yang lain.
  1. ARAH KEBIJAKAN

Untuk dapat mewujudkan Visi dan Misi Kecamatan Umbu Ratu Nggay tersebut di atas,  maka acuannya adalah “Memantapkan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Dan Perlindugan Masyarakat Melalui Percepatan Perubahan Kualitas Sumber Daya Manusia” dengan rumusan arah kebijakan teknis sebagai berikut:

  1. Meningkatkan koordinasi dan fasilitasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dalam pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah dan swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat diwilayah kerja Kecamatan Umbu Ratu Nggay dalam memantapkan pemenuhan kebutuhan dasar dan perlindungan masyarakat.
  2. Meningkatkan koordinasi dan fasilitasi peyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum pada desa-desa dengan intensitas koordinasi antara Kapolsek/POLRI, Kaposramil/TNI dan lembaga-lembaga kemasyarakatan desa dalam menjamin perlindungan masyaakat dikecamatan Umbu Ratu Nggay.
  3. Meningkatkan koordinasi dan fasilitasi peyelenggaraan penegakan peraturan perundang-undangan dengan SKPD terkait yang tugas dan fungsinya pada penegakan peraturan dan perundang-undangan dan atau dengan kepolisian untuk menjamin perlindungan masyaakat dikecamatan Umbu Ratu Nggay.
  4. Meningkatkan koordinasi dan fasilitasi peyelenggaraan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum dengan SKPD terkait ataupun swasta dalam menjamin percepatan perubahan kualitas sumber daya manusia, dibidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat kecamatan Umbu Ratu Nggay.
  5. Meningkatkan koordinasi dengan SKPD terkait dan instansi vertikal dibidang penyelenggaraan pemerintahan untuk memperkuat kapasitas kelembagaan kecamatan dan peningkatan kualitas aparatur kecamatan Umbu Ratu Nggay untuk menjamin percepatan perubahan kualitas sumber daya manusia.
  6. Meningkatkan koordinasi, fasilitasi dan pembinaan tertib administrasi pemerintahan desa, kelembagaan desa lainnya dan aparatur desa dalam kerangka peningkatan kapasitas untuk peningkatan kualitas sumber daya aparatur pemerintahan desa dan kelembagaan desa lainnya untuk menjamin percepatan perubahan kualitas sumber daya manusia.
  7. Meningkatkan koordinasi, dengan SKPD terkait  program dan kegiatan yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa untuk difasilitasi dalam perencanaan pelayanan masyarakat, percepatan penerapan standar pelayanan minimal, pembinaan dan pengawasan serta melakukan evalusi pelaksanaan pelayanan kemasyarakatan dalam pemenuhan kebutuhan dasar dan perlindungan masyarakat melalui perubahan kualitas sumber daya manusia.
  1. PROGRAM 5 TAHUN
      1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
      2. Program Peningkatan Sarana Dan Prasarana
      3. Program Peningkatan  Kapasitas Sumber Daya Aparatur
      4. Program Penyelenggaraan Pemerintahan Dan Pelayanan Publik
      5. Program pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan
      6. Program koordinasi ketenteraman dan ketertiban umum
      7. Program penyelenggaraan urusan pemerintah umum
      8. Program pembinaan dan pengawasan pemerintah desa

 

 



Streaming Provider by :
SUMBATENGAHKAB.GO.ID
Unidha Alamat Kantor : Kompleks Pemerintahan Makatul. Waibakul. Sumba Tengah. Nusa Tenggara Timur # Telpon : 081337124444 # Email : admin@sumbatengahkab.go.id
© 2020 Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah Follow Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah : Facebook Twitter Linked Youtube