Waktu di Waibakul: potensi ekonomi
header-int

potensi ekonomi

Posted by : Administrator
Share

  1. POTENSI EKONOMI

Seperti halnya daerah di Indonesia pada umumnya, di Kabupaten Sumba Tengah hanya dikenal dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Mengingat Sumba Tengah dan umumnya NTT dekat dengan Australia, arus angin yang banyak mengandung uap air dari Asia dan Samudera Pasifik sampai di wilayah Sumba Tengah kandungan uap airnya sudah berkurang yang mengakibatkan hari hujan di Sumba Tengah lebih sedikit dibandingkan dengan wilayah yang lebih dekat dengan Asia.

Sumba Tengah memiliki beberapa potensi unggulan yang dapat dikembangkan antara lain dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan pariwisata. Potensi unggulan tersebut dibagi berdasarkan potensi di masing-masing kecamatan yaitu :

  1. Kecamatan Katikutana

Kecamatan Katikutana merupakan kecamatan dengan potensi unggulannya adalah perdagangan dan usaha kreatif yang tumbuh dan mendominasi kesibukan masyarakat setempat. Dimulai dari Pasar Tradisional, tenun ikat, pedagang sembako, pengusaha rumah makan, rental computer, bengkel, armada angkutan dan masih banyak lagi usaha-usaha kreatif masyarakat.

  1. Kecamatan Katikutana Selatan

Kecamatan Katikutana Selatan merupakan kecamatan dengan potensi unggulannya adalah Pariwisata dan Pertanian. Kecamatan Katikutana Selatan menyimpan pesona alam yang luar biasa. Air Terjun Matayangu di desa Waimanu. Pantai Konda, Pantai Aili dan Pantai Maloba yang sekarang termasuk dalam sebutan “Lima Bidadari” disebabkan oleh ke-eksotisan panorama alamnya yang luar biasa. Potensi-potensi ini akan menjadi aset-aset yang mendatangkan keuntungan bagi daerah apabila telah dikelola dengan baik. Kecamatan Katikutana Selatan juga merupakan lumbung beras untuk Kabupaten Sumba Tengah, pengembangan potensi pertanian khususnya padi berjalan merata.

 

  1. Kecamatan Mamboro

Kecamatan Mamboro merupakan daerah maritim untuk Kabupaten Sumba Tengah, sehingga potensi unggulannya adalah perikanan. Dengan kondisi laut utara yang banyak menyimpan kekayaan laut dan pesona alam pantai yang luar biasa. Sehingga Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah membangun Pelabuhan laut kontinental yang menjadi pusat kegiatan kelautan baik perdagangan maupun transportasi. Selain pelabuhan, sektor perikanan lain didaerah ini adalah tambak garam, nelayan ikan, rumput laut dan hasil laut lainnya.

  1. Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat

Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat memiliki potensi unggulan yaitu Pertanian, Peternakan dan Perkebunan. Di daerah ini terdapat banyak persawahan seperti yang terbentang dari Desa Wairasa, Umbu Mamijuk, Umbu Pabal, dan Umbu Pabal Selatan. Dan di kecamatan ini terdapat Embung Lokujangi yang akan mendukung sektor pertanian, peternakan dan perkebunan di daerah ini. Sedang embung wairasa yang terletak dekat dengan pusat pemerintahan akan dibenahi pemerintah untuk menjadi taman rekreasi kota. Potensi perkebunan yang dikembangkan di Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat mencakup jagung, kacang hijau, tanaman jarak, pinang, kacang mete, kelapa, tomat dan lombok. Sedang potensi peternakan meliputi ternak besar dan ternak kecil yang tersebar disepanjang wilayah Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat.

  1. Kecamatan Umbu Ratu Nggay

Kecamatan Umbu Ratu Nggay merupakan kecamatan terluas di Kabupaten Sumba Tengah. Padang sabananya yang terbentang luas membuat dominan masyarakatnya lebih memilih berusaha ternak. Sehingga sektor Peternakan merupakan potensi unggulan di Kecamatan ini. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi masyarakatnya berusaha di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan.  Contohnya untuk Desa Tanambanas dan Desa Lenang hasil utamanya adalah bawang karena keadaan iklimnya yang panas dan berangin. Sedang Desa Padiratana hasil utamanya adalah padi karena didukung oleh irigasi yang sudah memadai di daerah tersebut.

 

 



Streaming Provider by :
SUMBATENGAHKAB.GO.ID
Unidha Alamat Kantor : Kompleks Pemerintahan Makatul. Waibakul. Sumba Tengah. Nusa Tenggara Timur # Telpon : 081337124444 # Email : admin@sumbatengahkab.go.id
© 2020 Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah Follow Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah : Facebook Twitter Linked Youtube