Waktu di Waibakul: Potensi Pariwisata
header-int

Potensi Pariwisata

Posted by : Administrator
Share

  1. Pariwisata
      1. Wisata Pantai
  1. Pantai Aili

Terletak di Kecamatan Katiku Tana Selatan dengan jarak tempuh kurang lebih 25 km.  Pantai ini memiliki  batu karang yang berada di tengah laut dan di sepanjang bibir pantai. Pemandangan  yang sangat memanjakan mata akan terasa begitu menginjakan kaki pertama kali di pantai ini. Pasirnya yang berwarna putih dan sangat padat bak porselen, airnya yang membiru dan ombaknya yang bergulung-gulung dengan sangat apiknya membuat kita terkagum dan susah beranjak dari tempat ini.

 

  1. Pantai Maloba

Pantai Maloba memiliki bentangan pasir putih yang sangat luas dengan keunikan batu karang yang di puncaknya terdapat makam “apu ladu” yang dipercayai sebagai orang pertama yang mendiami pantai tersebut. Terletak di Kecamatan Katiku Tana Selatan dengan jarak tempuh kurang lebih 25 km. Berjalan di pasir seperti berjalan di atas lantai karena memiliki permukaan yang keras sehingga memudahkan orang ataupun kendaraan berjalan di atas pasir

  1. Pantai Konda

Pantai Konda memiliki keunikan tersendiri karena memiliki pasir hitam yang berbeda dengan pantai lain pada umumnya yang memiliki pasir putih. Terletak di Kecamatan Katiku Tana Selatan dengan jarak tempuh kurang lebih 25 km.  Keeksotisan pemandangan yang didukung oleh keramahan penduduk setempat menjadikan menjadikan pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan untuk melakukan kegiatan bahari seperti memancing dan berselancar

  1. Pantai Pahar

Terletak di desa Lenang, Kecamatan Umbu Ratu Nggay sekitar 40 km perjalanan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor dari kota Waibakul. Pemandangan pantai berpasir putih yang membentang dari timur ke barat dan air laut berwarna biru yang jernih dan bersih dengan suasana sekitar yang tenang menjadikan pantai ini menjadi salah satu pantai terbaik di Sumba Tengah yang wajib anda kunjungi. Anda juga dapat menikmati keindahan tanaman bakau dan pepohonan kelapa di sekitar pantai. Selain itu andapun dapat melihat proses pembuatan garam secara tradisional oleh masyarakat sekitar secara langsung.

      1. Wisata Alam
        1. Wisata Hutan Tanah Daru

Wisata Hutan Tanah Daru merupakan bagian dari Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Banyak kegiatan alam yang bias dilakukan disini, walaupun cukup jauh dari pusat kota tetapi banyak warga lokal yang akan menunjukkan jalan menuju tempat ini. Wisata Hutan ini masih sangat alami dengan koleksi burung yang sangat beragam. Banyak turis manca negara yang berkunjung hanya sekedar mengambil foto burung-burung yang sudah langka ditemui.

        1. Air Terjun
  • Air Terjun Mbola

Terletak di desa Wangga Waiyengu dengan jarak tempuh 15 km dari Waibakul dan berjarak sekitar 5 km dari ibu kota Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat. Air terjun Mbola merupakan obyek wisata yang eksotis, dengan ketinggian sekitar ±30 meter dari tempat air jatuh merupakan pemandangan yang menakjubkan

  • Air Terjun Harunda

Terletak di desa Sotu, Kec. Umbu Ratu Nggay sekitar 45 km perjalanan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor dari kota Waibakul. Untuk mencapai Air Terjun yang memiliki ketinggian ± 20 m ini ditmpuh dengan berjalan kaki menyusuri sungai bebatuan sejauh 300 meter dari jalan raya. Pemandangan alam yang masih alami dan kondisi sekitar air terjun yang tenang menjadikan obyek ini tempat yang sangat bagus bagi anda yang ingin menjauh sejenak dari kebisingan kota dan kesibukan harian anda.

  • Air Terjun Harangi

Air terjun Harangi terletak di desa Umbu Kawolu Kec. Umbu Ratu Nggay Barat sekitar ±8 km dari ibu kota Waibakul. Menuju lokasi tersebut dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat karena memiliki akses jalan yang baik. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar ± 10 meter. Air yang mengalir deras ke arah muara membawa kesejukan tersendiri bagi para pengunjungnya, sehingga ketika berada di sekitar lokasi air terjun ini kita akan merasakan kesejukan dan kesegaran yang dapat menenangkan jiwa dan pikiran kita.

  • Air Terjun Matayangu

Keeksotisan tempat ini tidak akan dapat ditemukan di tempat lain. Segarnya air  yang nampak berwarna biru ditambah dengan alunan kicauan burung yang berasal dari hutan kecil semakin menyegarkan dan menyejukan jiwa pengunjungnya. Beberapa kekayaan dan keindahan alam akan dijumpai dalam perjalanan menuju tempat ini dan membuat pengunjungnya berhenti  sejenak untuk sekedar menikmati atau mengabadikan setiap suguhan alam yang dijumpai sehingga tidak perlu merasa letih dan lelah dengan perjalanan karena akan digantikan dengan pesona air terjun Matayangu yang tidak akan dapat disangkal.

Terletak di Kec. Katikutana Selatan, Desa Manurara dan berjarak ±10 km dari ibu kota Waibakul, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dan kemudian berjalan kaki sekitar 1,5 jam, air terjun ini memilik ketinggian sekitar 80 meter.

      1. Wisata Budaya
        1. Purung Takadonga Ratu

Purung Ta Kadonga Ratu berasal dari bahasa Anakalang yang terdiri dari kata-kata :

Purung artinya turun, Ta artinya Ke, Kadonga artinya Lembah dan  Ratu yang artinya Imam.

Jadi secara harafiah Purung Ta Kadonga Ratu artinya Turun Ke Lembah Imam. Purung Ta Kadonga Ratu sesungguhnya adalah upacara pemberian korban sesajian kepada leluhur orang Anakalang yakni Umbu Sebu dan Rambu Kareri di gua Kadonga Ratu.

Tempat pelaksanaan Purung Ta Kadonga Ratu adalah di sebuah lembah yang terletak di sebelah timur dari Kampung Laitarung, desa Makatakeri Kec. Katikutana. Pada perayaan ini ada dua tombak yang digunakan yaitu MEHANG KARAGA dan LODA PARI yang memiliki panjang masing-masing enam meter. Kedua tombak ini mempunyai fungsi dan aturannya sendiri. Mehang Karaga menggambarkan fungsi pria sebagai kepala keluarga. Sementara Loda Pari menggambarkan fungsi seorang wanita yang mempunyai kewajiban untuk mengatur dan menjaga berbagai jenis hasil panen termasuk di dalamnya menjaga tanaman padi dari serangan hama serta untuk mengatur dan menjaga dengan baik hasil panen yang diperoleh dari sawah maupun kebun.

        1. Purung Ta Liangu Marapu

Ritual ini dilaksanakan di kampung Deri Kambajawa, desa Umbu Pabal. Ritual, adat Purung Ta Liangu Marapu sebuah ritual budaya yang sangat menarik berbagai acara malam kesenian yang diselenggarakan setahun sekali oleh para imam (Ratu), pewaris dan penganutnya untuk memuja dan memberikan sesajian makanan dank urban bakaran dengan cara turun ke liang tempat sang Dewa bertahta yang terletak yang terletak sekitar 8 km dari kampong Deri Kambajawa.

        1. Kampung Adat
  • Kampung Adat Wawarongu

Kampung ini termasuk salah satu kampung tertua di Kabupaten Sumba Tengah dan mempunyai aura magis karena di kampung inilah upacara sakral Tauna Usu Manu diselenggarakan. Memasuki pelataran kampung ini akan disambut dengan suasana yang begitu tenang sehingga aura magis sangat terasa. Kemistikan kampung ini sangat terasa dengan keberadaan rumah kilat (Marapu). Kampung adat ini terletak di desa Wendewa Barat Kecamatan Mamboru dengan jarak tempuh ±33 km dari ibu kota Kabupaten dan hanya berjarak ±5 km dari ibu kota Kecamatan (Mananga) dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

  • Kampung Adat Deri Kambajawa

Terletak di desa Umbu Pabal Kec. Umbu Ratu Nggay Barat  sekitar 8 km perjalanan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor dari kota Waibakul. Nuansa mistis kepercayaan marapu sangat terasa di kampung ini di mana terdapat beberapa spot keramat seperti kubur-kubur batu yang tidak bisa disentuh dan dilangkahi, bale-bale rumah yang hanya bisa diduduki serta tempat-tempat penyembahan marapu. Di kampung ini pula pada pertengahan September hingga awal Oktober setiap tahunnya diadakan ritual adat Purung Ta Liangu Marapu.

  • Kampung Adat Pasunga

Terletak di pusat kota Waibakul. Kampung dengan rumah-rumah adat Sumba semi modern ini menyuguhkan pesona keindahan Kampung Adat yang mampu bersinergi dengan kemajuan peradaban kini. Anda dapat melihat batu kubur-batu kubur megalitik yang berusia puluhan tahun dengan ukiran-ukiran khas Sumba yang bernilai seni tinggi dan kaya makna.



Streaming Provider by :
SUMBATENGAHKAB.GO.ID
Unidha Alamat Kantor : Kompleks Pemerintahan Makatul. Waibakul. Sumba Tengah. Nusa Tenggara Timur # Telpon : 081337124444 # Email : admin@sumbatengahkab.go.id
© 2020 Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah Follow Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah : Facebook Twitter Linked Youtube