TATAP MUKA DAN DIALOG KEPALA SEKOLAH SE-KECAMATAN MAMBORO BERSAMA BUPATI SUMBA TENGAH
TATAP MUKA DAN DIALOG KEPALA SEKOLAH SE-KECAMATAN MAMBORO BERSAMA BUPATI SUMBA TENGAH

By Admin Kabupaten Sumba Tengah 07 Feb 2020, 19:22:13 WIB DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA

Berita Terkait

Berita Populer

TATAP MUKA DAN DIALOG KEPALA SEKOLAH SE-KECAMATAN MAMBORO BERSAMA BUPATI SUMBA TENGAH

TATAP MUKA DAN DIALOG KEPALA SEKOLAH SE-KECAMATAN MAMBORO BERSAMA BUPATI SUMBA TENGAH

Waibakul - Penyiapan Sumber Daya Manusia Unggul akan berdampak dan membawa manfaat pada kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah.
Berbicara masalah kemiskinan sebanyak 36% didaerah ini, salah satunya adalah kaitan dengan masalah pendidikan. Dimana hasil penelitian berbagai lembaga survey menunjukkan angka 30% Anak kelas 1 hingga kelas 3 di Sekolah Dasar tidak bisa membaca, menulis dan berhitung. Ini merupakan prioritas utama untuk mengatasi dan keluar dari masalah tersebut. Demikian disampaikan Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus S. K. Limu ketika menghadiri kegiatan tatap muka dan dialog bersama Kepala Sekolah se-Kecamatan Mamboro. Kamis (06/02/2020).

Sebanyak 17 (Tujuh belas) Kepala Sekolah SD se-Kecamatan Mamboro melakukan Tatap Muka dan Dialog bersama Bupati Sumba Tengah bertempat di Aula Kantor Camat Mamboro.
Kegiatan yang di inisiasi oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan kendala yang ditemui disetiap sekolah dalam rangka mengurangi masalah pendidikan yang masih 30% menjadi momok di Kelas Dasar.

Pertemuan tersebut mengangkat beberapa Isu-Isu utama yang menjadi sorotan antara lain Kesulitan pemenuhan asupan gizi bagi Siswa-Siswi Kelas Dasar, jarak tempuh Siswa dari rumah menuju ke Sekolah yang sangat jauh dengan menempuh perjalanan belasan kilometer untuk bisa sampai ke Sekolah, sarana prasarana Sekolah yang kurang memadai dalam hal ini gedung sekolah dan ruangan kelas yang rusak mengakibatkan proses belajar mengajar terganggu, adanya beberapa sekolah yang masih bermasalah terkait sertifikat tanah sekolah yang belum terselesaikan.

Dalam arahannya, Bupati Paulus mengatakan agar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga untuk membuat format yang komprehensif didalamnya memuat semua permasalahan yang dihadapi oleh sekolah, kemudian dikirim dan dibagikan pada seluruh sekolah untuk di isi dan dikembalikan ke Dinas untuk diinventarisir dan dievaluasi sehingga memudahkan untuk pengambilan kebijakan dari permasalahan yang dihadapi setiap sekolah.
Dalam perekrutan guru harus melalui uji kompetensi dan sudah mendapat sertifikasi sehingga layak dipertimbangkan untuk diangkat menjadi guru dan harus disampaikan kepada Pimpinan dan diketahui oleh Bupati.
8 (delapan) unsur Standar Pendidikan harus dicapai oleh sekolah, dari 8 standar tersebut sudah dicapai berapa standar dan berapa yang belum dicapai dan lakukan evaluasi agar bisa diketahui untuk mencari solusi.
Terkait sarana prasarana yaitu gedung sekolah, Tim dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga lakukan verifikasi dan inventarisasi apa saja yang dibutuh dan diperlukan.
Semua guru harus memperoleh sertifikasi syaratnya harus mengikuti UKG dan PPG untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas serta kemampuan guru.

Bupati menambahkan kaitan pengangkatan Tenaga Kerja Guru (TKS) agar dihentikan, karena pengangkatan TKS adalah kewenangan Bupati sehingga jangan ada sekolah atau Dinas yang mengangkat Tenaga Kerja Guru (TKS).
Dinas Pendidikan harus buatkan segera membuat Kontrak Kinerja antara Bupati dan seluruh Kepala Sekolah.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si, Asisten Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Sumba Tengah, Camat Mamboro, Kepala Dinas PPO, Kepala Kesbangpol, dan Kepala Bagian Umum. (Humas)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment