29 November 2020

WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN SUMBA TENGAH

Apel Pagi, Mengukur Kekuatan

Waibakul– Kewajiban PNS dan Non PNS salah satunya Apel yang secara rutin dilaksanakan setiap hari baik di instansi maupun apel gabungan. Hari ini Rabu (21/10/2020) dilaksanakan  Apel Kerja bertempat di depan kantor Bupati Sumba Tengah dihadiri oleh Sekretaris Daerah , Staff Ahli Bupati, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangungan  pada Sekretariat Daerah, Pimpinan OPD dan Staff. Bupati Sumba Tengah sebagai Pembina Apel memberikan Apresiasi kepada OPD yang tingkat kehadirannya dalam Apel hari ini 100 % dan mengharapkan agar  pada apel berikutnya tingkat kehadiran ASN meningkat.

Dalam arahan selanjutnya Bupati Sumba Tengah menekankan tentang Disiplin terutama tingkat kehadiran PNS dan Tenaga Kontrak Daerah (TKD) dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di instansi masing-masing harus menjadi perhatian khusus Pimpinan OPD.

Beberapa Arahan Bupati Sumba Tengah dalam Apel Kerja Rabu (21/10/2020) :

  1. Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah dalam menyikapi musim hujan kali ini mengharapkan peran serta semua elemen terutama ASN untuk dapat berperan aktif mendukung pengolahan lahan pertanian untuk tanaman padi dan jagung, mengingat musim tanam jagung pada sebagian wilayah Kec.Umbu Ratu Nggay Barat dan wilayah Kec. Katikutana serta Kec.Katikutana Selatan dilaksanakan mulai bulan Oktober hingga bulan Nopember sedangkan untuk wilayah utara Kec. Mamboro dan sebagian wilayah Kec. Umbu Ratu Nggay dilaksanakan bulan Desember hingga Januari.
  2. Dalam mendukung Program Nasional bidang Pertanian tahun 2020 yang berada di Kabupaten Sumba Tengah (Food Estate) telah dilakukan pengolahan lahan menggunakan alsintan dan terbagi menjadi 5 Zona yang merupakan koordinasi lintas sektoral yang melibatkan OPD dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan Kelompok Tani yang berada pada 5 Zona Food Estate.
  3. Untuk mendukung percepatan pengolahan lahan pertanian sebelum musim tanam tiba Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah menyiapkan operasionalisasi alsintan yang akan beroperasi di semua wilayah Kecamatan.
  4. Melalui Program Pemerintah Provinsi (TJPS) dan Program Nasional (Food Estate) yang bertujuan membangun Peradaban Baru pada bidang Pertanian di Wilayah Kabupaten Sumba Tengah bukan hal yang mudah sehingga diharapkan peran serta semua elemen (masyrakat dan Pemerintah).
  5. Bupati Sumba Tengah mengingatkan kepada seluruh Pimpinan OPD agar segera menyelesaikan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran tahun 2020 sesuai dengan APBD-Perubahan tahun 2020 yang telah ditetapkan serta segera menyelesaikan program dan kegiatan sebelum tanggal 15 Desember 2020.
  6. Bupati Sumba Tengah mengapresiasi kepada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumba Tengah yang telah menyalurkan Bantuan Sosial Pangan Provinsi NTT secara serentak di 65 desa pada 6 Kecamatan, diharapkan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumba Tengah memantau dan mengevaluasi kegiatan ini termasuk bantuan dari Pemerintah Pusat (BLT dan PKH).
  7. Arahan terakhir Bupati Sumba Tengah mengingatkan lagi untuk pelaksanaan pekerjaan Fisik agar segera dituntaskan sesuai jadwal dalam kontrak terutama pekerjaan sarana air bersih bagi masyarakat, fasilitas layanan kesehatan dan kegiatan fisik lainnya dan harus mendapat pengawasan secara intensif dan dilaporkan perkembangannya kepada Bupati Sumba Tengah melalui Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Sumba Tengah”

Dalam menutup arahannya Bupati Sumba Tengah mengutip  kalimat bijak dari John  C. Maxwell :“Kejujuran itu bukan apa yang anda lakukan, kejujuran itu adalah jati diri anda.” (Diskominfo Kab. Sumba Tengah).