UpacaraPeringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020 di Kabupaten Sumba Tengah

UpacaraPeringatan Hari Pahlawan ke-75 digelar di depan Kantor Bupati Sumba Tengah (10/11/2020). (Diskominfo)
 

WAIBAKUL- Peringatan Hari Pahlawan ke-75 di Kabupaten Sumba Tengah dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Sumba Tengah, yang dihadiri oleh PNS dan Tenaga kontrak daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah serta para Siswa-siswi SMK 1 waibakul. Upacara dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

 Inspektur Upacara peringatan hari pahlawan ke -75 di Kabupaten Sumba Tengah adalah Bupati Sumba Tengah sedangkan Komandan Upacaranya adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Inspektur upacara menyampaikan pidato Menteri Sosial Republik IndonesiaKita dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati hari pahlawan 10 November 2020 dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandem icovid ini. Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan. Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari ituper juangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagai mana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu Pahlawanku Sepanjang Masa. Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia.

Nilai-nilai kepahlawanan seperti : percaya kepadaTuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia. Semangat kepahlawanan yang terus menyala,dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini. Yakinlah apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa. Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Saudara-saudara peserta upacara yang berbahagia, Pada kesempatan Bupati Sumba Tengah juga mengimbau kepada seluruh rakyat Sumba Tengah untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satubentukpenghargaanatasjasa para pahlawan.

Sebagaimanaungkapan salah seorangThe Founding Fathers kita Bapak Soekarno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”. Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisikemerdekaanmembangun negeri. Jangansia-siakanperjuangan para pahlawan yang telahrelamengorbankanjiwa dan raganya demi bumipertiwiini. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Selamat Hari PahlawanTahun 2020, semogaTuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan-Nya kepada bangsa Indonesia.Sekian, Terima Kasih.(Diskominfo)

Author: admin super

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *