BUPATI SUMBA TENGAH MELAKUKAN TANAM JAGUNG KE 2 DI DESA UMBU JODU, KECAMATAN UMBU RATU NGGAY BARAT, KABUPATEN SUMBA TENGAH.

DISKOMINFO SUMBA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah bersama jajarannya melakukan gerakan tanam jagung ke-2 di Desa Umbu Jodu, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Senin (12/07/2021).

Hadir dalam acara itu diantaranya, Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu, Wakil Bupati Sumba Tengah, Daniel Landa, Sekretaris Daerah, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Camat Umbu Ratu Nggay Barat, para penyuluh, Tokoh Agama serta tokoh masyarakat dan unsur terkait lainnya.

Bupati Sumba Tengah menyampaikan, kegiatan gerakan menanam jagung ke-2 ini sebagai bentuk sinergitas program pemerintah dengan kelompok tani yang ada di Kabupaten Sumba Tengah khususnya di Desa Umbu Jodu.

Bupati Sumba Tengah mendorong agar indeks pertanaman bisa dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun dan harus menjadi target prioritas untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Sumba Tengah.

Bupati Sumba Tengah,  melakukan penanaman bibit jagung ke-2 di Desa Umbu Jodu, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Senin (12/07/2021).

Menurut Bupati Sumba Tengah, “untuk memaksimalkan percepatan penyiapan lahan-lahan pertanian dibutuhkan peran serta Bapak Asuh dalam mengawal dan mendampingi serta mendorong para petani di lapangan agar semakin giat bekerja keras dalam mengusahakan lahan-lahan pertanian untuk secepatnya diolah dan ditanami jagung musim kemarau,” ungkap Bupati Sumba Tengah.

Luas lahan jagung ke-2 yang di tanam secara simbolis oleh Bupati Sumba Tengah seluas ±50 Hektarare yang dimana jumlah total keseluruhan dari area sawah mencapai 150 Hektarare.

Membangun peradaban baru di Kabupaten Sumba Tengah bukanlah hal yang mudah namun dengan gotong royong, bahu membahu dalam mengupayakan segala hal yang dimiliki untuk dapat mempertahankan ketahanan pangan di Sumba Tengah dan melalui gerakan tanam bersama jagung ke-2 ini menjadi terobosan dan mampu memberikan kontribusi dalam rangka mendukung serta mewujudkan ketahanan pangan Nasional khususnya di Kabupaten Sumba Tengah.

Selepas dari kegiatan penanaman  jagung ke-2 Bupati Sumba Tengah dan Wakil Bupati Sumba Tengah bersama rombongan melanjutkan agenda mensurvei lokasi mata air yang berada di sekitar lahan jagung dimana terdapat sumber mata air Waiyengu Waitadung, Harangi dan Waikayanga.

Menurut Bupati Sumba Tengah, “sumber mata air yang ada saat ini harus di pergunakan untuk kebutuhan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.”

“Sumber mata air ini jika dapat memungkinkan dipergunakan untuk kebutuhan penyiraman jagung baik yang dilakukan secara manual ataupun dengan alat sedot air bila tersedia sambil kita berproses kedepannya,” lanjut Bupati Sumba Tengah.

Bupati juga meminta kepada Kepala Desa dan masyarakat agar terus memupuk dan menciptakan kegiatan gotong royong sehingga mempermuda semua pekerjaan baik di kebun, ladang dan sawah dengan tujuan membangun kembali semangat gotong royong yang pernah ada dalam diri orang sumba, kegiatan ini dilakukan untuk mendukung PJPS yang sedang berkembang saat ini.(DISKOMINFO)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *