PEMBANGUN JARINGAN INTERNET VSAT PADA 24 TITIK DI KABUPATEN SUMBA TENGAH

Waibakul – Guna mendukung akselerasi digital di seluruh Indonesia, serta dalam rangka peningkatan pelayanan dalam bidang komunikasi dan informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumba Tengah akan membangun jaringan internet VSAT.  Jaringan VSAT IP merupakan layanan internet berbasis satelit yang dapat melayani kebutuhan komunikasi data mulai dari 2.4 Kbps hingga 2 Mbps dan dipastikan tidak akan terputus meski berada di lokasi terpencil sekalipun. Di kabupaten Sumba Tengah mendapat alokasi sebanyak 24 titik di tahun 2021, yang tersebar di Kecamatan dan Desa.

Ada Migrasi Teknologi, Jaringan Internet BAKTI Alami Gangguan | Telset |  LINE TODAY

Adapun rincian sebaran pembanguan jaringan internet VSAT di Kabupaten Sumba Tengah antara lain, kantor Kecamatan, SMP, SD, Dan beberapa Kantor Desa.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, teknologi satelit hadir sebagai layanan telekomunikasi paling efektif untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia yang memiliki karakteristik tingkat kelembaban dan curah hujan relatif tinggi.

Layanan satelit juga dinilai sebagai infrastruktur paling cepat untuk dilakukan instalasi jaringan, karena tidak perlu menunggu pembangunan infrastruktur jaringan dari Pemerintah Pusat. Oleh karenanya, Telkomsat sebagai anak perusahaan PT Telkom Indonesia menghadirkan layanan yang bernama Mangoesky. Layanan ini merupakan internet broadband berbasis satelit (VSAT IP) yang dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya di wilayah yang belum terjangkau oleh jaringan kabel ADSL, fiber optik, maupun layanan mobile kecepatan tinggi lainnya.

Layanan dengan kecepatan akses internet hingga 6 Mbps ini, memiliki varian paket yang menarik dengan harga yang kompetitif bila dibandingkan dengan paket layanan broadband berbasis satelit yang lain. Selain itu, layanan Mangoesky dapat menjangkau seluruh pelosok negeri dan telah dipercaya oleh ribuan pelanggan, sehingga dapat mendukung percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi di Indonesia dibidang Information Communication Technology (ICT).

Pemanfaatan ICT telah banyak diterapkan diberbagai bidang industri, seperti pendidikan, perpustakaan, perbankan, manufaktur dan lainnya, oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memandang hal ini sangat penting dan mendesak untuk dilaksanakan dengan mengingat situasi pandemi Covid-19 yang makin meningkat.

Pembangunan jaringan internet VSAT ini berdasarkan pemantaun langsung di lapangan, dilihat dari animo masyarakat dan kebutuhan di lapangan juga sangat tinggi.

Melalui skema bottom up, titik lokasi pembangunan merupakan usulan dari pemerintah Kecamatan dan desa melalui Pemerintah daerah (pemda) dengan menyediakan lahan hibah yang akan menjadi lokasi pembangunan jaringan internet VSAT. Lalu BAKTI menyediakan infrastrukturnya. (Kominfo)

Author: admin super

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *