SERAH TERIMA DUPLIKAT BENDERA PUSAKA DAN PEMBUKAAN PEMUSATAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPADA PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA (PASKIBRAKA) TINGKAT KABUPATEN SUMBA TENGAH TAHUN 2024

WAIBAKUL,-Bertempat di Aula Wisma Sola Pora Waibakul, Penjabat Bupati Sumba Tengah, Dr. Drs. Jusuf Lery Rupidara, M.Si menghadiri dan mengikuti Acara Serah Terima Duplikat Bendera Pusaka dan dilanjutkan dengan Pembukaan Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Sumba Tengah Tahun 2024 pada  hari Sabtu 10 Agustus 2024.

Acara ini dihadiri Sekretaris Daerah, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah, Kapolsek Katiku Tana, Danramil 03 Katiku Tana, Komandan Kompi 3 Batalyon C Pelopor Sumba Tengah, para Pembina dan Pelatih Paskibraka, Purna Paskibraka serta peserta Paskibraka Kabupaten Sumba Tengah Tahun 2024.

Dari 132 peserta yang mengikuti seleksi yaitu seleksi administrasi dan seleksi kepribadian terpilihlah sebanyak 74 Calon Paskibraka tingkat Kabupaten Sumba Tengah untuk mengikuti Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan yang dimulai dari tanggal 4 Agustus lalu hingga tanggal 18 Agustus 2024 bertempat di Wisma Sola Pora.

Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh Calon Paskibraka Tahun 2024 berpedoman pada Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.  Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka disebut kaderisasi terhadap calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mengharustamakan Pancasila dan memupuk rasa cinta tanah air serta memperkuat semangat persatuan dan kesatuan dikalangan generasi muda. Menjadi petugas pengibar bendera merah putih merupakan simbol kebanggaan dan kedaulatan bangsa yang memerlukan dedikasi, disiplin dan semangat juang yang tinggi.

Disamping itu, sebagai kesempatan untuk belajar, membina karakter siswa, mengembangkan kemampuan fisik dan mental, serta menumbuhkan rasa patriotisme pada generasi muda.

Selanjutnya, dilaksanakan penyerahan duplikat Bendera Pusaka oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sumba Tengah, Paulus Bera Woli, ST kepada Penjabat Bupati Sumba Tengah untuk dikibarkan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di lapangan Rumah Jabatan Bupati Sumba Tengah.

Diskominfo Sumba Tengah