FESTIVAL MUSIK TRADISIONAL ETNIK SUMBA: MENGGALI KREATIVITAS SENIMAN DALAM PERPADUAN BUDAYA

WAIBAKUL,-Bertempat di Cekdam Loku Ujung, Desa Wairasa, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, dilaksanakan acara Festival Musik Etnik Sumba pada 01 Agustus 2024. Acara Festival Musik Etnik Sumba dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumba Tengah, Dr. Drs. Jusuf Lery Rupidara, M.Si dimana kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari mulai 1 Agustus 2024 hingga 3 Agustus 2024.

Festival musik yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Tengah bekerjasama dengan para Sponsor, diikuti oleh 10 Sanggar Musik dari 4 Kabupaten se-daratan Sumba diantaranya, Sanggar Musik Osa; Sanggar Musik Fashion Grup; Sanggar Musik Katalahamulingu; Sanggar Musik Smansari; Sanggar Musik Parona Band; Sanggar Musik Oli Mila; Sanggar Musik Kadingang; Sanggar Musik Buhang Mahamu; Sanggar Musik Ori Angu dan Sanggar Musik Rato Kali Lero.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Sofrein Umbu S. Marisi, menyatakan bahwa festival ini diselenggarakan sebagai bentuk ekspresi cinta terhadap musik tradisional yang ada di Sumba, yang mencakup budaya utama orang sumba. Festival ini juga dapat menjadi wadah bagi seniman musik bagi anak-anak Sumba untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam menciptakan musik daerah yang menggabungkan nuansa kekinian tanpa menghilangkan estetika musik tradisi, baik dalam aransemen maupun penggunaan alat musik khas daerah.

Selanjutnya Pj Bupati Sumba Tengah mengatakan event ini memberikan pesan nilai budaya dalam lantunan musik dan diintegrasikan dengan kegiatan UMKM yang berisi produk pangan lokal dan kerajinan tangan. “Meskipun yang kita lakukan ini event kecil. Akan tetapi patut dibanggakan karena sudah memberikan hiburan kepada para pengunjung, karena itu terima kasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Tengah, bank NTT, dan para Sponsor lainnya yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara festival ini, mari jaga kebersihan lingkungan dan keamanan selama pelaksanaan festival dan semoga even ini bisa diteruskan di waktu-waktu yg akan datang”. Ucap Pj Bupati.

Acara pembukaan festival dihadiri Asisten Administrasi Umum, para Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan Bank NTT Cabang Waibakul, Camat Umbu Ratu Nggay Barat, DANRAMIL 03 Katiku Tana, KAPOLSEK Katiku Tana, Wadanki Brimob Batalyon C Kompi 3 Sumba Tengah, Ketua BPMJ GKS Jemaat Anamanu, Kepala Desa Wairasa, para Sanggar Musik se-Sumba, pelaku UMKM dan para pengunjung.