24 November 2020

WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN SUMBA TENGAH

Rumah Mandiri

Tujuan

Bantuan Rumah Swadaya atau yang biasa dikenal dengan Rumah Mandiri  ini disediakan untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Sumba Tengah, selain itu Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat kurang mampu untuk memperoleh hunian yang layak dengan fasilitas yang memadai.

Penanggung Jawab Program

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Sumber Pembiayaan

APBD Kabupaten Sumba Tengah

Rumah mandiri merupakan salah satu program Pemerintah Daerah yang sangat membantu masyarakat, disamping masyarakat dapat memiliki rumah hunian yang layak, beberapa fasilitas pendukung yang melekat dengan kondisi yang baik dapat diperoleh, salah satu contoh adalah sanitasi yang baik dan memadai.

Secara garis besar rumah mandiri bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan yang tinggi akibat ketersediaan hunian yang kurang layak dari 14 indikator kemiskinan yang terdapat di Kabupaten Sumba Tengah. Dengan adanya bantuan ini masyarakat Kabupaten Sumba Tengah dapat memprioritaskan kerja dan penghasilan mereka untuk kebutuhan lainya dan tidak terfokus pada tempat tinggal dan fasilitas pendukungnya.

Penerima rumah mandiri berdasarkan perubahan SK Nomor : KEP/HK/551/2019 Perubahan Lampiran Keputusan Bupati Sumba Tengah Nomor : KEP/HK/459/2019 Tentang Penetapan Penerima Bantuan Rumah Swadaya di Kabupaten Sumba Tengah Tahun Anggaran 2019 adalah 76 orang yang tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Mamboro berjumlah 15 orang, Kecamatan Katikutana 16 orang, Kecamatan Katikutana Selatan berjumlah 15 orang, Kecamatan Umbu Ratu Nggay berjumlah 15 orang dan Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat berjumlah 15 orang dengan masing-masing bantuan berjumlah Rp. 35.000.000,-.

Selain Program Rumah Mandiri terdapat pula Program untuk bantuan rumah bagi masyarakat miskin dengan anggaran yang berasal dari dana desa. Dengan tujuan yang sama yakni membantu masyarakat miskin agar memiliki rumah yang layak. Program rumah layak huni didasari oleh UU Desa No. 6 tahun 2018 yang menyatakan bahwa Dana Desa dapat digunakan untuk bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Proses pembangunan Rumah Layak Huni pada tahun 2019 mencapai 600 Rumah dengan     rata-rata pembangunan untuk Kecamatan Katikutana dan Kecamatan Katikutana Selatan 5 Rumah, dan untuk Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat serta Kecamatan Mamboro rata-rata 10 Rumah layak huni yang berhasil di bangun. Pada saat ini anggaran dana desa menargetkan setiap kecamatan telah selesai membangun 4 rumah dengan target keseluruhan untuk Kecamatan Katikutana rata-rata pembangunan 5 Rumah, untuk 4 kecamatan lainya rata-rata pembangunan 10 rumah. Anggaran yang dikeluarkan untuk 1 rumah layak huni adalah ± Rp. 70.000.000,- sesyai dengan keadaan, kondisi tempat pembangunan dan jarak material pembangunan.

Harapan yang paling terpenting untuk program ini adalah Pembangunan Rumah Layak Huni dapat bejalan dengan baik dan penganggaran yang diperoleh dapat terus berlangsung dengan pengawasan sebagaimana mestinya agar tercapai tujuan bersama.