PENINGKATAN KAPASITAS POL PP DAN LINMAS MENJELANG PESTA DEMOKRASI TAHUN 2024

WAIBAKUL, Sumba Tengah. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumba Tengah gelar Peningkatan Kapasitas SDM Satpol PP dan Satlinmas Dalam Rangka Menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024. Bertempat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Sumba Tengah dan kegiatan ini di pimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumba Tengah, Dr. Drs. Jusuf Lery Rupidara pada Rabu, 07/02/2024.

Tujuan Kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan kapasitas serta kesiap siagaan anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Anggota Sataun Perlindungan Masyarakat dalam memahami tugas dan perannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta meningkatkan kinerja yang lebih optimal dan renposif terutama dalam menghadapi pesta Demokrasi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Turut Hadir dalam kegiatan ini  Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Tengah, Kapolsek Katiku Tana  AKP. Heru Teguh Prasetyo, Para Staf Ahli, Para Asisten pada Setda, Plt. Kasat Pol PP Kabupaten Sumba Tengah, Adri Sabaora beserta jajaran Satpol PP Kabupaten Sumba Tengah, Ketua KPU Kabupaten Sumba Tengah,  Kasi Trantib Kec. Seluruh Wilayah Kabupaten Sumba Tengah . Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Tengah, Anggota KPU Kabupaten Sumba Tengah, Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Kebakaran Kabupaten Sumba Tengah, Para Camat Se-Kabupaten Sumba Tengah, Kepala Bidang Linmas pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Kebakaran, para Kepala Desa Se-Kabupaten Sumba Tengah.

“Sebagai garda terdepan, peran Banpol Satpol PP dan Linmas menjadi sangat penting dalam menjaga stabilitas dan keamanan di lingkungan kita. Kemampuan Banpol Satpol PP serta Linmas dalam mendukung tugas-tugas keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Sumba Tengah harus dapat ditingkatkan,” ungkap Pj. Bupati Sumba Tengah.

Melalui Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bantuan Polisi Pamong Praja dan Linmas Lingkup Kabupaten Pemerintah Sumba Tengah ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang tugas dan tanggung jawab sebagai Banpol dan Linmas.

“Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta sinergi yang lebih baik antara Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, aparat keamanan, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman, tertib, dan kondusif. Disamping itu, tujuan kegiatan ini yaitu membantu meningkatkan kapasitas Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam memahami tugas dan perannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta meningkatkan kinerja yang lebih optimal dan responsive,” lanjut Pj. Bupati Sumba Tengah.

Peran Satuan Polisi Pamong Praja semakin strategis dengan dimasukkannya urusan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah sebagai langkah mengoptimalkan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja maka dilaksanakan pelatihan dasar meningkatkan kapasitas Satpol PP dan Satlinmas sebagai ujung tombak menciptakan ketentraman dan ketertiban umum. Perlu saya tekankan bahwa menjelang pelaksanaan pesta demokrasi, yaitu Pemilihan Umum Serentak tahun 2024, Personil Banpol Satuan Polisi Pamong Praja dan Anggota Linmas, tutup Pj. Bupati Sumba Tengah.

dituntut untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya tanpa ada tekanan dari pihak manapun yang menginginkan adanya gesekan karena sesuatu kepentingan untuk menimbulkan konflik. Karena itu, banpol PP dapat menunjukkan kinerjanya secara bertanggung jawab dan professional ditengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu saya menghimbau perlu adanya pola sikap dan pola tindak yang humanis, berdedikasi, disiplin dan tegas dari anggota Banpol Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas.

Satuan Pelindungan Masyarakat atau yang disebut Satlinmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu memihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum serta membantu upaya pertahanan negara. Bekerja suka rela dan di bentuk dengan beranggotakan aparatur linmas dan satlinmas yang dipilih secara selektif dan ditetapkan oleh keputusan gubernur dan bupati/walikota yang berada di satpol pp provinsi, kabupaten/kota, serta kecamatan dengan tugas membantu penyelenggaraan linmas di daerah.

Pada tahun 2024 kita akan melaksanakan agenda nasional yaitu pesta demokrasi memilih presiden/wakil presiden, anggota DPR/MPR RI/DPD/Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dan anggota DPRD Provinsi dan kab/kota secara serentak di indonesia. dalam menghadapi moment hajatan yang besar ini, mari kita mempersiapkan anggota satlinmas yang profesional dan trampil sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan, ketertiban dan ketenteraman masyarakat di TPS-TPS.

Di akhir penyampaiannya Pj. Bupati Sumba Tengah mengapresiasi positif kegiatan ini dan mengharapkan kepada saudara-saudara untuk mengikutinya dengan sungguh-sungguh sehingga pengetahuan yang diperoleh pada kegiatan ini dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat guna kesiapan kesiapsiagaan anggota satlinmas baik mental maupun kesiapan fisik, utamanya profesionalisme melalui pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam penanganan ketertiban, ketenteraman dan perlindungan masyarakat dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024, dengan senantiasa memantapkan semangat pengabdian terhadap masyarakat.

Sumber Reales/Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Sumba Tengah