KABUPATEN SUMBA TENGAH MELAKUKAN ZOOM MEETING UNTUK MENSUKSESKAN PEMILU 2024

WAIBAKUL, – Penjabat(Pj) Bupati Sumba Tengah, Dr. Drs. Jusuf Lery Rupidara menggelar Rapat Persiapan Pemilu Serantak Bersama seluruh para Camat Se-Kabupaten Sumba Tengah, Jusuf Lery Rupidara pimpin Rapat Persiapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, didampingi Asisten 1 Pada Setda Kabupaten Sumba Tengah, dr. Oktavianus Deky, Bersama Kepala Kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Sumba Tengah, Paulus Pandanga Berawoli dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumba Tengah, Ainy Umbu Sulung, S.Pt bertempat di ruang Rapat Bupati Sumba Tengah, Selasa (13/02/2024). Rapat yang di gelar secara virtual ini diikuti oleh para Camat Se Kabupaten Sumba Tengah dan diikuti dari tempat masing-masing.

Dalam sambutan pengantarnya, Pj. Bupati Sumba Tengah menekankan pada Tanggal 14 Februari 2024 mendatang, tidak hanya dilakukan pemilihan Presiden namun juga pemilihan legislatif yang terdiri dari DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/ kota dengan jumlah pemilih yang cukup besar untuk Sumba Tengah.

“Kami dari provinsi, Bapak Gubernur mengharapkan pelaksanaan pemilu di wilayah Sumba Tengah dapat berjalan dengan baik terutama keamanan. Pemilu ini adalah pesta demokrasi yang kita harapkan di dalam pesta ini tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan”, tutur Pj. Bupati Sumba Tengah.

Lebih lanjut Pj. Bupati Sumba Tengah menyampaikan, akan ada pelaksanaan perhitungan suara menggunakan aplikasi “Sirekap” yang bertujuan untuk melakukan input data hasil pemilu sementara sambil menunggu hasil perhitungan suara resmi dari KPU.

“Dari hasil rapat hari ini, kita juga akan melakukan rapat koordinasi secara virtual dengan Gubernur NTT hari ini untuk melaporkan seluruh kesiapan kita menyambut pesta demokrasi besok”, pungkasnya.

Pimpin Rapat Persiapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Pj. Bupati Sumba Tengah Pastikan Pemilu Berjalan Aman dan sukses di wilayah Kabupaten Sumba Tengah.

Seluruh logistik harus sudah terdistribusi secara baik hingga ke TPS dan pastikan lokasi TPS dan kantor Desa di persiapkan secara baik terutama kebersihan lingkungan kantor Desa menjadi perhatian utama, suksesnya Pemilu adalah suksesnya kita semua bukan suksesnya Bupati serta Masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP harus dapat dipercepat sehingga tidak menyulitkan proses Pemilu 2024, tambah Pj. Bupati Sumba Tengah.

Katikutana 180 kotak suara, Katikutana Selatan 290 kotak suara, Mamboro 280 kotak suara, Umbu Ratu Nggay 175 kotak suara, Umbu Ratu Nggay Barat 205 kotak suara dan Umbu Ratu Nggay Tengah 160 Kotak suara, pastikan hari ini berjalan ke seluruh TPS, pastikan kesiapan Listrik dan jaringan internet dan terakhir kaum difabel harus menjadi perhatian khusus kita semua, pungkas Pj. Bupati Sumba Tengah.

Kepala Badan Kesbangpol Sumba Tengah Paulus Pandanga Berawoli dalam laporannya menyampaikan pertemuan ini untuk mengkomunikasikan kesiapan-kesiapan yang sudah dilakukan, sedang dilakukan dan mungkin belum dilakukan oleh masing-masing Desk Pilkada di kabupaten Sumba Tengah.

“Sepenuhnya kita lakukan untuk dikomunikasikan sehingga jika ada ditemui masalah-masalah, maka secara bersama-sama akan kita cari solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut secepatnya”, tutur Paulus.

Sementara itu, Asisten I pada Setda Kabupaten Sumba Tengah menyampaikan terkait dengan persiapan pemilu sampai saat ini, ada dua hal yang menjadi perhatian yakni pertama logistik pemilu karena tanpa logistik, pemilu tidak akan dapat terlaksana pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Pada prinsipnya ketersediaan logistik yang sudah siap dikirim dari gudang TPU menuju ke TPS sudah mencapai 99 persen, dimana satu persennya menunggu sebagian logistik ketika dalam proses ada yang rusak atau minta penggantian dan ketersediaan lisrik Cadangan bagi TPS yang tidak terjangkau listrik.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam pengiriman, KPU telah melakukan mitigasi sebaik-baiknya agar nantinya dapat mengantisipasi ketika terjadi hujan dan sebagainya, baik terkait dengan packingnya maupun sarana transportasi yang digunakan yakni dengan membuat standardisasi. Pengiriman logistik dari KPU menuju TPS waktunya bervariatif dan ada yang dimulai Tanggal 9 Februari 2024 sampai dengan 13 Februari 2024 hari ini, ungkap Asisten I.

Di tempat yang sama, rapat Koordinasi yang sama dilakukan dengan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) guna menyampaikan seluruh kesiapan yang telah dilakukan menyongsong Pemilu 2024 di Kabupaten Sumba Tengah.

“Jumlah DPT di Kabupaten Sumba Tengah berjumlah 57.654 jiwa, yang belum perekaman sampai dengan tanggal 13 Februari 2024 berjumlah 351 orang, jumlah TPS yang tersebar di 6 Kecamatan yaitu 258 TPS, mengenai kesiapan seluruh proses Pemilu di kabupaten Sumba Tengah dapat dipastikan akan berjalan dengan lancar dan aman ”, ucap Pj. Bupati kepada Pj. Gubernur NTT melalui video Conference (vidcon).

“Diharapkan pemerintah Daerah terus dapat memberikan dukungan atau bantuan secara teknis terhadap jajaran Bawaslu dengan melibatkan Satpol PP dan SKPD lainnya”, tutup Pj. Bupati Sumba Tengah.

Sebagai informasi bahwa terdapat 20 Kabupaten dan 1 Kota Madya di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang ikut serta dalam rapat virtual tersebut, Desk Pemilu serentak ini membawahi 18 Kementrian.

Rapat dihadiri Unsur Forkopimda Provinsi Nusa Tenggara Timur serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi NTT. Hadir secara virtual Unsur Forkopimda, Kaban Kesbangpol, Pimpinan KPU dan Bawaslu kabupaten/ kota se-Provinsi NTT.(Foto:Dani)

DiskominfoSumbaTengah