SERAH TERIMA PROGRAM PENYEDIAAN AIR BERSIH UNTUK ANAK SUMBA MELALUI TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN DI DESA MATAWAI KAJAWI, KECAMATAN UMBU RATU NGGAY BARAT.

WAIBAKUL,-Penjabat (Pj) Bupati Sumba Tengah Dr. Drs. Jusuf Lery Rupidara, M.Si menghadiri acara Serah Terima Program Penyediaan Air Bersih untuk Anak Sumba melalui Teknologi Ramah Lingkungan. Acara serah terima dilaksanakan di Desa Matawai Kajawi, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Kamis 08 Agustus 2024.

Kegiatan ini dihadiri Sumba Field Manager Save The Children, Direktris Yayasan Wahana Komunikasi Wanita, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Tengah, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Umbu Ratu Nggay Barat beserta Sekretaris, Kepala Puskesmas Lawonda, Kepala Desa Matawai Kajawi, Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah SMPN 1 Umbu Ratu Nggay Barat beserta para Guru, para Siswa-Siswi.

Kepala Desa Matawai Kajawi Opera Umbu Kanu dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan bersyukur serta menyambut baik atas hadirnya project air bersih tersebut.

“Kami belum bertemu dan berkenalan dengan bapak/ibu Save The Children, program ini hadir melalui campur Tangan Tuhan yang dipakai melalui bapak/ibu untuk menghadirkan program ini ditempat kamikami”. Ucap Opera.

Lebih lanjut Opera menjelaskan jaringan air bersih ini melayani 2 (dua) dusun dan sebanyak 101 kepala keluarga pada dusun 1 dan 2 yang menerima dan menikmati air bersih ini. Akan tetapi, belum semua warga di 2 dusun tersebut terlayani serta masih ada 1 (satu) dusun belum terlayani dikarenakan topografi wilayahnya yang cukup sulit dijangkau, namun dirinya tetap berusaha agar 1 dusun tersebut dapat terlayani program air bersih.

Sumba field manager save The chilren dalam sambutannya mengatakan berbicara air bersih seolah-olah kebutuhannya menjadi tanggung jawab ibu rumah tangga dan anak-anak.

Dikatakannya untuk mendukung krisis iklim, project ini dilakukan dengan cara mengambil air yang berada di permukaan tanah menggunakan tenaga surya untuk menaikkan keatas. Kedepan air ini bisa dimanfaatkan untuk hortikultura, mandi, cuci dan masak.

Dirinya berharap agar jaringan air yang tersedia pada 16 tugu keran agar dipelihara dan dijaga sarana ini karena sudah di serahkan kepada desa.

“Kita sungguh bersyukur karena msih diberikan akal budi itu modal paling tinggi sehingga mampu melihat tiap persoalan kita”. Demikian dikatakan Pj Bupati Sumba Tengah Dr. Drs. Jusuf Lery Rupidara, M.Si. Salah satu kunci kemajuan hidup dengan penuh pengertian dan baik dengan orang lain karena kita tidak tahu siapa orang yang hidup bersama dengan kita,” Ucap Pj Bupati Sumba Tengah.

Dikatakannya project air sudah ada mari kita pakai sesuai kebutuhan dan kelanjutan dari program air bersih ini di jaga secara baik. Keberlanjutan project ini menjadi tanggung jawab bersama, jika rusak harus tangani sendiri sebelum Pemerintah turun tangan.

“Rawat dan kembangkan project air bersih ini untuk bisa dimanfaatkan baik bagi sekolah, fasilitas kesehatan dan masyarakat. Kiranya project ini dapat menjadi project inovasi dan motivasi yang bisa dilanjutkan ke desa-desa lain jika ada potensi pada desa tersebut.

Atas nama Pemerintah dan masyarakat Sumba Tengah meyampaikan terima kasih kepada save the Children dan YWKW yang telah menghadirkan project ini,” tutup Pj Bupati Sumba Tengah.

Diakhir acara, dilaksanakan penandatangan Berita Acara Serah Terima Air kepada Pemerintah Desa dilanjutkan penyerahan peralalatan perawatan air secara simbolis berupa PV generator dan solar cel, alat dan material perpipaan.