Kemenkominfo Terus Bangun BTS Desa di Sumba Tengah

Kemenkominfo terus membangun menara  BTS di Desa-Desa wilayah Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi NTT, tampak Gambar diatas petugas sedang mengerjakan dudukan menara BTS di Desa Lenang Selatan, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

WAIBAKUL,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan pembangunan menara BaseTtransceiver Station (BTS) di daerah blankspot yang tersebar di desa-desa dalam wilayah Sumba Tengah,NTT.

Pembangunan menara BTS di Desa Lenang Selatan merupakan menara yang keempat untuk wilayah kecamatan Umbu Ratu Nggay, dimana daerah wilayah pantai utara ini cukup luas namun tidak terjangkau oleh jaringan telepon seluler ataupun jaringan internet. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah sungguh merasa bersyukur dengan adanya pembangunan jaringan internet dan seluler yang tersebar di Kabupaten Sumba Tengah terutama wilayah-wilayah blankspot.

“Dukungan Kominfo melalui BAKTI ini guna menghilangkan blankspot di desa-desa,” kata Pelaksana Tugas Lapangan saat ditemui dalam proses pelaksanaan kegiatan pembangunan menara BTS di Desa Lenang Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, NTT, Rabu(24/11/2021).

Selain pembangunan BTS di desa-desa, pengembangan jaringan telekomunikasi juga dilakukan melalui penguatan jaringan. Pemerintah harus terus menggenjot pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G di desa-desa meski pandemi terus meningkat. Ekonomi digital muncul seiring dengan adanya kehadiran sinyal 4G di suatu kawasan, oleh karena itu dengan dibangunnya penguatan jaringan tersebut maka akan memacu perkembangan ekonomi digital yang muncul di kalangan masyarakat itu sendiri.

Fokus Kementrian Kominfo saat ini adalah pembangunan jaringan 4G dahulu karena itu adalah teknologi tepat guna yang memberikan dampak langsung ke masyarakat, kedepan akan dilakukan peningkatan seiring berjalannya waktu.

Meski pandemi sedang tinggi dan curah hujan di Kabupaten Sumba Tengah cukup tinggi pada bulan November sampai Maret 2022 mendatang, proyek pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemenkominfo tetap akan rampung. Tantangannya adalah risiko pergeseran waktu penyelesaian.

Pada tahun 2021 akan dibangun menara BTS di beberapa titik yang tersebar di Kabupaten Sumba Tengah, yang proses pengerjaannya sedang berjalan dan beberapa pembangunan jaringan akses internet lainnya.

Diskominfo SumbaTengah(D_N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *