MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD) DI KECAMATAN UMBU RATU NGGAY

Waibakul,- Kecamatan Umbu Ratu Nggay pada Kamis (10/02/2022), menggelar rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANGCAM) penyusunan RKPD di Aula Kantor Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Pelaksanaan Musrenbang yang mengambil tempat di Aula Kantor Kecamatan Umbu Ratu Nggay dihadiri langsung Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus S. K. Limu.

Bupati Sumba Tengah didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sumba Tengah Mengikuti kegiatan penyusunan RKPD (Musrenbangcam) tingkat kecamatan Umbu Ratu Nggay pada Kamis(10/02/2022.
 

Camat Umbu Ratu Nggay, Stefanus Umbu Yiwa, SE, menyampaikan,” dalam Musrenbang ini tentu tidak terlepas dari 11 Program Bupati Sumba Tengah yang masuk baik melalui sistem ataupun dari usulan manual terdapat 7 Program yakni program air bersih, Program Rumah Mandiri dengan target 122 unit menjadi 115 unit hal ini disebabkan karena beberapa desa mengalami kemiskinan ekstrem. Dari 115 unit rumah yang telah terbangun, presentase finishing mencapai 98% karena beberap unit rumah belum terpasang jaringan listrik,” imbuh Camat Umbu Ratu Nggay.

“Program Beasiswa bagi masyarakat miskin atau tidak mampu, Kecamatan Umbu Ratu Nggay saat ini, jumlah anak murid yang mendapat beasiswa berjumlah 108 orang pada posisi akhir tahun 2021. Program Pencegahan Gizi buruk mengalami penurunan yang signifikan di wilayah Kecamatan Umbu Ratu Nggay, strategi yang dilakukan dengan cara memisah anak stunting dengan anak Gizi buruk, melakukan kegiatan Posyandu sebanyak 2 kali dalam sebulan, membentuk Tim Gerak Cepat pada setiap Puskesmas untuk penanganan demam berdarah, membuat perdes bagi mereka yang tidak menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan dan membentuk Bapa jaga di setiap dusun,” ujar Camat Umbu Ratu Nggay.

“Realisasi Pajak tahun 2020 – 2021, Kecamatan Umbu Ratu Nggay mencapai 100%. Ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan di wilayah masing-masing desa, pada program lain seluruh kepala desa wajib memberikan pemahaman kepada setiap masyarakat untuk menyekolakan anaknya tanpa terkecuali sehingga anggapan bahwa orang Umbu Ratu Nggay bodoh dan miskin akan hilang hanya dengan sadar akan Pendidikan,” lanjut Camat.

“Program sangat prioritas di wilayah Kecamatan Umbu Ratu Nggay, antara lain sarana prasarana jalan penghubung desa-desa karena akses jalan ini akan memudahkan berbagai bentuk kehidupan sosial di wilayah desa terutama didunia Pendidikan,” tutup Camat.

Setelah pemaparan dilanjutkan sambutan Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus S. K. Limu menyampaikan percepatan penanggulangan kemisikinan ekstrim di Kecamatan Umbu Ratu Nggay harus menjadi perhatian serius bagi pembangunan di kabupaten Sumba Tengah. Rumah layak huni dan ketersediaan air bersih akan terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, ungkap Bupati Sumba Tengah.

“Pada tahun 2023, Perencanaan wajib fokus pada program dan kegiatan yang berhubungan erat dengan penurunan angka kemiskinan dan Stunting,” tutup Bupati Sumba Tengah.


Rapat ditutup dengan penandatanganan berita acara MUSRENBANG dengan para peserta rapat.
Diskominfo Sumba Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *