DPRD SUMBA TENGAH GELAR RAPAT PARIPURNA KE-IV MASA PERSIDANGAN I DALAM RANGKA PENUTUPAN MASA PERSIDANGAN I DAN PEMBUKAAN MASA PERSIDANGAN II TAHUN ANGGARAN 2022

WAIBAKUL, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumba Tengah menggelar Rapat Paripurna ke-IV Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022, di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten setempat, Jumat (22/04/2022). Rapat Paripurna ini mengagendakan penyampaian hasil LKPJ Pemerintah tahun 2021 kemudian penutupan masa persidangan I Tahun Sidang 2021 dan pembukaan masa persidangan II Tahun Sidang 2022.

Wakil Bupati (Wabup) Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa menghadiri rapat paripurna pembukaan masa sidang I tahun 2022 bertempat diruang sidang` Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumba Tengah.

Rapat paripurna pembukaan sidang I dibuka secara resmi ketua DPRD Drs. Tagela Ibisola dan dihadiri wakil ketua DPRD Umbu Neka, Forkopimda dan Kepala OPD lingkup Pemkab Sumba Tengah.

Rapat yang membahas pendapat gabungan komisi tentang pencapaian kinerja Pemerintah Daerah Bersama DPRD Kabupaten Sumba Tengah, hasil monitoring dalam daerah bersama mitra kerja, peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD, rapat dengar pendapat dengan komisi tentang berbagai capaian pemerintah daerah terutama dalam 2 aspek yakni aspek Pendidikan dan pelayanan Kesehatan yang semakin membaik.

Kemudian, rapat kali ini lebih mengarah ke evaluasi seluruh program dan kegiatan Pemerintah Daerah yang telah dikerjakannya di Tahun 2021.

Dalam sambutan Ketua DPRD mengatakan bahwa “DPRD dan Pemerintah telah membangun sinergitas dalam membangun Sumba Tengah, saat ini kita akan melakukan pembahasan LKPJ sampai dengan rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati tahun anggaran 2021. Kebersamaan yang terjalin antara pemerintah dan DPRD perlu kita syukuri hingga berbagai capaian program pemerintah daerah dapat terlaksana dengan baik, Ketua DPRD merespon atas meningkatkan ekspektasi masyarakat akan kondisi sosial yang terjadi terutama pada faktor Pendidikan dan Kesehatan di Sumba Tengah” ucap Ketua DPRD.

“Proporsi anggaran yang semakin baik untuk membangun Pendidikan dan pelayanan Kesehatan yang berkwalitas, kita sekarang menuju pada perubahan dan peradaban baru di Sumba Tengah,” lanjut Ketua DPRD.

“Berbagai upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan Pendidikan di Sumba Tengah baik Pendidikan formal maupun non formal telah diperhatikan oleh pemerintah daerah. Aspek pelayanan Kesehatan yg semakin membaik dapat menyelematkan banyak jiwa, keresahan masyarakat akibat pencurian dimana2 agar menjadi perhatian pemerintah daerah,” tutup Ketua DPRD.

Selanjutnya sambutan Wakil Bupati Sumba Tengah, mengatakan bahwa “Seluruh program dan kegiatan tahun 2022 yaitu 11 program  Pro Oli Milla dan food estate yang merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Program ini memiliki tujuan untuk menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Sumba Tengah,” ungkap Wabup Sumba Tengah.

“Sebagai mitra Kerjasama antara Pemerintah dengan DPRD diharapkan akan terus dikembangkan demi kepentingan masyarakat Sumba Tengah, saya sungguh percaya dengan komitmen yang sungguh melayani, kita dapat tingkatkan pelayanan kepada masyarakat ditengah pandemi covid-19. Limpah terima kasih atas kerja keras kinerja dengan hati DPRD atas berbagai pencapaian kita Bersama,” tutup Wabup Sumba Tengah.

Rapat pimpinan dan anggota DPRD sinkronisasi pokok-pokok pikiran, mengikuti menghadiri rapat forum OPD kabupaten, rapat kerja pansus membahas raperda prakarsa DPRD, konsultasi dan koordinasi pansus membahas 2 raperda prakarsa DPRD kebiro hukum provinsi serta konsultasi dan koordinasi ke pusat, sosialisasi pembahasan 2 raperda prakarsa DPRD oleh pansus.

LKPJ Bupati Sumba Tengah tahun anggaran 2021, kerja pansus membahas LKPJ, konsuktasi dan koordinasi pansus kebiro hukum provinsi serta konsultasi dan koordinasi ke pusat tentang LKPJ, rapat paripurna penutupan masa persidangan I sekaligus pembukaan masa persidangan II tahun sidang 2022.

Dengan berbagai capaian yang ada tentu kita masih memiliki beberapa permasalahan yang kompleks di bidang infrastruktur, terutama daerah-daerah yang mengalami bencana alam pada tahun 2021, begitu juga aspek pendidikan, Kesehatan dan ekonomi pemerintahan. Oleh karena itu dari setiap aspirasi masyarakat yang disampaikan, diharapkan pemerintah daerah dapat menindak lanjuti bersama perangkat daerah terkait.

(Diskominfo Sumba Tengah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *