WAKIL BUPATI SUMBA TENGAH SERAHKAN BANTUAN KAPAL PENANGKAP IKAN KEPADA 7 KUB NELAYAN

WAIBAKUL, – Wakil Bupati Sumba Tengah (Wabup), Ir. Daniel Landa menyerahkan delapan (8) unit bantuan perahu beserta mesin penggerak, alat tangkap ikan, serta alat bantu penangkap ikan kepada Kelompok Usaha Nelayan di daerah pesisir Manuwolu dan Wendewa Utara wilayah  Kabupaten Sumba Tengah, Selasa (30/08/2022) bertempat di Kantor Desa Wendewa Utara Kecamatan Mamboro Kabupaten Sumba Tengah.

Penyerahan bantuan didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumba Tengah beserta jajarannya, Para Staf Ahli, Para Asisten, Pimpinan OPD, Camat Mamboro, Kapolsek Mamboro, Kepala Desa Wendewa Utara, Babinsa Mamboro dan nelayan penerima bantuan.

Kelompok penerima bantuan adalah kelompok Nelayan Desa Manuwolu dan Desa Wendewa Utara Kecamatan Mamboro. Alat yang diberikan berupa perahu penangkap ikan untuk perairan darat berukuran lebih kecil dari 3 GT dan kelengkapnya terdiri dari body perahu, mesin kapasitas 9 HP, alat penangkap ikan (Gilnet), dan Alat bantu penangkap ikan (jaket keselamatan dan senter)

Wabup mengatakan pemberian bantuan ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Daerah terhadap masyarakat di wilayah Pesisir Pantai Mamboro yang mayoritas mata pencahariannya adalah nelayan. Dengan harapan para nelayan dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan adanya tambahan armada kapal penangkap ikan tersebut.

“Data Statistik Perikanan Tangkap melalui Direktoral Jenderal Perikanan Tangkap menunjukan bahwa produksi budidaya laut di Kabupaten Sumba Tengah pada tahun 2021 mencapai 12,178 ton. Produksi ini diperkirakan akan mengalami peningkatan pada tahun 2022, seiring dengan pengembangan yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan armada dan alat tangap ikan yakni penambahan jumlah armada dan alat tangkap ikan bagi kelompok masyarakat di pesisir laut Kabupaten Sumba Tengah,” ungkap Wabup.

“Harapannya agar nelayan-nelayan melalui koperasi Nelayan yang menerima bantuan kapal dapat meningkatkan pendapatannya dengan jangkauan tangkapannya yang lebih jauh dari yang saat ini,” ujarnya.

“Potensi perikanan di Kabupaten Sumba Tengah sebesar 135.955 ton/tahun, umumnya potensi ini terbesar berdasarkan jenis ikan yaitu, ikan tembang, teri, dan ikan tongkol, tingkat pemanfaatan potensi perikanan tangkap pada tahun 2021 yaitu 9,97% dan memiliki cadangan potensi yang belum termanfaatkan yaitu 90,03%, terangnya.

Wabup Sumba Tengah menyampaikan bantuan yang diberikan ini diharapkan mampu meningkatkan hasil tangkapan nelayan serta optimal melalui kegiatan penangkapan ikan sehingga dapat meningkatkan perekonomian nelayan itu sendiri.

Wakil Bupati Sumba Tengah berpesan, agar bantuan alat yang diberikan bisa memberikan manfaat yang besar sehingga para nelayan akan lebih sejahtera.

“saya menghimbau kepada seluruh nelayan dan lapisan masyarakat pesisir pantai untuk menghindari penggunaan alat penangkapan ikan yang mengakibatkan kerusakan ekosistem laut yaitu penangkapan ikan dengan Bom, Setrum, Pukat Harimau karena cara penangkapan ikan seperti ini akan berdampak pada hasil penangkapan yang tidak baik. Nelayan harus menjaga ekosistem laut dari pencemaran karena alat yang merusak baik ekosistem maupun hasil tangkapan ikan, dengan kebiasaan penggunaan alat penangkapan ikan ramah lingkungan, maka seluruh ekosistem yang ada akan terjaga dengan baik untuk masa depan yang lebih baik,” tutup Wabup.

Diakhir dari kegiatan ini, Wabup melakukan uji coba pelepasan kapal nelayan yang disaksikan oleh seluruh peserta kegiatan yang hadir dan masyarakat sekitar.

 (Diskominfo Sumba Tengah/Foto : Diskominfo/Dani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *