PELAKSANAAN PENGUKUHAN PENGURUS ANTAR WAKTU DWP KABUPATEN SUMBA TENGAH

WAIBAKUL, DiskominfoSumbaTengah – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sumba Tengah laksanakan Pengukuhan Pengurus Antar Waktu dengan masa Bhakti tahun 2019-2024, di Ruang Aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumba Tengah, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Jumat (17/05/2024).

Kegiatan pengukuhan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumba Tengah, Dr. Drs. JUSUF LERY RUPIDARA, M.Si didampingi oleh Sekda Bernardus B. Gela S.IP.,M.AP, Ketua DWP Kabupaten Sumba Tengah Ny. Matilde K. Settu B. Gela, SE.

Pada sambutannya Pj. Bupati Sumba Tengah menyampaikan Dharma Wanita Persatuan adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri pegawai negeri sipil dengan kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya serta tidak terkait dengan kekuatan politik manapun, tetapi hak berpolitik anggota tetap dihormati.

“Secara garis besar, tujuan organisasi Dharma Wanita adalah mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota untuk mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Oleh sebab itu, hal yang menjadi tantangan, terutama bagi pengurus DWP adalah bagaimana melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari pengurus dan anggota, kemudian memilih kegiatan sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan kesempatan organisasi, serta dalam melaksanakan kegiatan mendahulukan yang penting sesuai dengan skala prioritas serta mengutamakan kualitas penanganannya daripada kualitas yang ditangani, serta diupayakan secara tuntas,” ujar Pj. Bupati Sumba Tengah.

“Kami berharap kepada Pengurus DWP perangkat daerah yang baru saja dikukuhkan untuk bisa ikut aktif dan berperan nyata sebagai motivator lapangan, memberikan advokasi kepada anggota dan masyarakat dalam penyelesaian masalah daerah dan bangsa secara antisipatif. Kita tidak bisa tinggal diam melihat kemerosotan moral yang terjadi saat ini, seperti kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak, termasuk kekerasan seksual yang terjadi terhadap anak-anak di bawah umur, penyalahgunaan dan peredaran narkoba khususnya di kalangan remaja. Hal-hal tersebut menjadikan kita semua menyadari bahwa peningkatan kualitas dan ketahanan keluarga merupakan salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Apalagi kita melihat tugas bangsa pada masa-masa mendatang yang masih penuh tantangan dalam mensejahterakan masyarakat, maka menjadi tanggungjawab kita bersama untuk bersinergi dengan program pemerintah daerah. ASN sebagai aparat pemerintah yang menjadi pelaksana kebijakan program pemerintah, wajib mempunyai loyalitas dan dedikasi yang tinggi. Peran serta dan partisipasi anggota DWP sebagai isteri dari ASN sangatlah penting dalam membantu pelaksanaan program-program pemerintah di lapangan,” lanjut Pj. Bupati Sumba Tengah.

“kami menghimbau kepada kita semua, khususnya kepada pengurus dharma wanita persatuan yang ada di lingkup pemerintah kabupaten Sumba Tengah, kita akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Untuk itu mari kita bersinergi, berkolaborasi dan bergerak bersama untuk menyadarkan publik agar menjaga netralitas bahwa Pemilukada sebagai pelaksanaan sarana kedaulatan rakyat adalah sesuatu yang penting bagi kita. Oleh karena itu, mari kita sukseskan Pemilukada tahun 2024 di Kabupaten Sumba Tengah,” pungkas Pj. Bupati Sumba Tengah.

“Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa untuk tetap bersama-sama melanjutkan pembangunan Kabupaten Sumba Tengah yang kita cintai ini. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa merahmati kita dengan berkatNya,” tutup Pj. Bupati Sumba Tengah.

Adapun susunan pengurus Antar Waktu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sumba Tengah Masa Bhakti 2019-2024 sebagai berikut :

NONAMAJABATANKET
1Ny. Matilde K. Settu B. GelaKetua 
2Ny. Jeny Retang Q. DekyWakil Ketua I 
3Ny. Johana L. Umbu SulungWakil Ketua II 
4Ny. Maria D. K. Z. NataraWakil Ketua III 
5Ny. Arlin L. WoliSekretaris I 
6Ny. Leny Umbu J. JawakoriSekretaris II 
7Ny. Yosephine Susanty DendomesaSekretaris III 
8Ny. Arni R. K. U. Neka JarawoliBendahara I 
9Ny. Anita U. Eda PajanguBendahara II 

Sementara pengurus Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi dan Bidang Sosial Budaya telah dikukuhkan juga dalam kepengurusan Dhama Wanita Persatuan Kabupaten Sumba Tengah masa bhakti 2019-2024.(*Dn)

Foto:YukonPL, editor:Dani