BUPATI SUMBA TENGAH PIMPIN PENGENDALIAN HAMA BELALANG DI PANTAI UTARA

Hama belalang di Desa Tana Mbanas

WAIBAKUL, Hama belalang (Locusta Migratoria, L) yang saat ini menyerang Tanaman Jagung Warga Desa Pantura , terutama di Desa Tana Mbans, Tana Mbans Selatan, Tana Mbans Barata, sudah memasuki fase yang sangat meresahkan warga masyarakat, oleh karena terutama dampak serangan Hama ini telah merusak hampir sebnagian tanaman jagung milik masyarakat di Desa desa wilayah pantai utara.

Bupati Sumba Tengah, Bapak Drs. Paulus S. K. Limu memimpin langsung proses penanggulangan hama belalang Kumbara yang saat ini menyerang Tanaman Jagung Masyarakat, bahkan hampir seluruh Organisasi Perangkat Daerah membentuk Tim pendukung yang secara bergiliran membantu tenaga teknis yang ada di Lapangan.

Dalam beberapa kesempatan Bupati Sumba Tengah menyatakan, bahwa sedini mungkin Hama belalang ini dapat di kendalikan karena pada fase NIMFA (BELALANG MUDA), masih sangat mudah kita melakukan Pengendalian sehingga kegiatan kita saat ini terpusat pada titik dimana koloni belalang ini berada.

Sebagaimana diketahui, Belalang kembara mempunyai tiga fase populasi yang sangat khas. Yang pertama adalah fase soliter, yaitu ketika belalang kembara berada dalam populasi rendah di suatu hamparan sehingga mereka cenderung mempunyai perilaku individual. Dalam fase ini belalang kembara bukanlah merupakan hama yang merusak karena populasinya berada di bawah ambang luka ekonomi (economic injury level), tingkat populasi hama yang telah menyebabkan kerusakan ekonomis) dan perilakunya tidak rakus. Tahap berikutnya fase transisi (transient), yaitu ketika populasi belalang kembara sudah cukup tinggi dan mulai membentuk kelompok-kelompok kecil. Fase ini sudah perlu diwaspadai karena apabila kondisi lingkungan mendukung maka belalang kembara akan membentuk fase gregarius, yaitu ketika kelompok-kelompok belalang telah bergabung dan membentuk gerombolan besar yang sangat merusak. Pada keadaan ini belalang kembara menjadi lebih agresif dan rakus sehingga setiap areal pertanian yang dilewatinya mengalami kerusakan total.

Persiapan penyemprotan pestisida oleh brigade OPD di Desa Tana Mbanas

Kondisi sampai dengan saat ini,, Serangan hama belalang kembara sudah mencapai Desa Lenanag dan Lenang selatan, sehingga beberapa TIM OPD yang bergerak untuk member dukungan pada TIM Teknis Dinas Pertanian, secara bergelombang ke wilayah Pantai Utara Sumba Tengah.

 (Diskominfo Kab. Sumba Tengah)

Author: admin super

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *