UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS DIPADUKAN DENGAN PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJA DENGAN P3K LINGKUP KABUPATEN SUMBA TENGAH

WAIBAKUL, – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei 2022 yang dipadukan dengan penandatanganan Surat Keputusan Bupati Sumba Tengah dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap II oleh Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa. Upacara tersebut dilaksanakan di lapangan upacara kantor Bupati Sumba Tengah. Dalam sambutan Wakil Bupati Sumba Tengah menyampaikan bahwa sejak dikeluarkannya Keppres RI Nomor 316 tahun 1959, Indonesia memperingati HARDIKNAS setiap tanggal 2 Mei, Namun, peringatan HARDIKNAS tahun ini dilaksanakan tanggal 13 Mei lantaran bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 2022. Melalui surat edarannya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) menginstruksikan seluruh instansi pendidikan baik dalam maupun luar negeri untuk memperingati HARDIKNAS 2022 melalui upacara bendera dengan tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Suasana Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) di Lapangan Upacara Kantor Bupati Sumba Tengah (Jumat, 13 Mei 2022).

Upacara bendera dengan melibatkan seluruh Pegawai Negeri Sipil dan tenaga kontrak daerah dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran COVID-19.

Merefleks kembali sejarah Hari Pendidikan Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. Ki Hadjar Dewantara juga pernah menjabat sebagai Menteri Pengajaran Indonesia ke-1 sejak 2 September 1945 hingga 14 November 1945. Sebelumnya Ki Hadjar Dewantara merupakan pelopor bidang pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Selain itu, dia menidirikan Perguruan Taman Siswa yang memungkinkan orang pribumi untuk mengenyam pendidikan sebagaimana priyayi dan orang Belanda.

Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden RI Nomor 305 Tahun 1959 menetapkan Ki Hadjar Dewantara sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 28 November 1959. Semboyan yang diciptakan Ki Hadjar Dewantara saat ini digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dunia pendidikan Tanah Air. Secara lengkap semboyan itu berbunyi “ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani” yang memiliki arti “di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan”.

Wakil Bupati Sumba Tengah menandatangani Surat Keputusan Perjanjian Kerja dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap II, Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, (Jumat, 13 Mei 2022).

Lebih lanjut Wakil Bupati Sumba Tengah mengatakan, bahwa peningkatan pelayanan Pendidikan di Kabupaten Sumba Tengah mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan adanya bantuan Jaringan Akses Internet pada tiap-tiap sekolah, Kantor Desa, Puskesmas dan Fasilitas Ibadah.

Sarana PAUD berjumlah 154, dengan peserta didik 4222 orang dan tenaga pendidik berjumlah 407 orang, Sekolah Dasar berjumlah

“Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja sebanyak 55 orang akan melakukan penandatanganan perjanjian kerja dengan pemerintah hari ini, diharapkan dapat senantiasa meningkatkan kreatifitas dan meningkatkan inovasi dalam menjawab tantangan zaman. Lewat kesempatan ini kami sebagai pemerintah tentu sangat mengharapakan untuk senantiasa meningkatkan potensi diri saudara dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab dimanapun saudara ditempatkan,” tutup Wakil Bupati Sumba Tengah.

Pengibaran Bendera Merah Putih pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Sumba Tengah (Jumat, 13 Mei 2022).

Diakhir sambutan Bapak Wakil Bupati Sumba Tengah menyampaikan ucapan selamat merayakan hari Raya Idul Fitri 1443 H kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat se-Kabupaten Sumba Tengah, semoga dihari kemenangan ini kita semakin diberikan kemenangan dalam segala hal terutama dalam pelayanan kita sebagai Aparatur Negara.

Diskominfo Sumba Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *