PERESMIAN SD NEGERI WAISUMAR SEBAGAI PENYELENGGARA SEKOLAH MODEL PERTAMA DI KABUPATEN SUMBA TENGAH

WAIBAKUL,, – Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Tengah, Drs.Umbu Eda Pajangu,M.Si membuka acara syukuran penyelenggaraan Sekolah Model di Sekolah Dasar Negeri Jalan lintas Waikabubak Waibakul, Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah pada Senin (18/07/2022).

Program sekolah model merupakan sekolah yang menjadi tuntutan publik akan performa dunia pendidikan di Kabupaten Sumba Tengah, untuk menjadi sekolah model tentu telah melewati berbagai mekanisme yang merupakan syarat utama dalam pembentukan sekolah model sendiri. Bagi sekolah lain dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang bertujuan untuk berkembangnya peserta didik agar menjadi manusia yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan bertanggung jawab.

Beberapa tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Drs.Tagela Ibisola bersama wakil ketua DPRD dan anggota DPRD lainnya, Kepala Dinas PPO Kabupaten Sumba Tengah,  para staf ahli, para camat se-kabupaten Sumba Tengah, Polri, TNI, Kepala Perwakilan Yapmas, pimpinan cabang Bank NTT, para kepala desa, unsur masyarakat, tokoh agama dan tenaga pendidik.

Dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut maka setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan, dimana penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui standar nasional pendidikan sebagaimana tertuang dalam peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.

Sekretaris Daerah mengatakan peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan yang ada di Sumba Tengah. Sehingga diperlukan strategi dan keseriusan kepala satuan pendidikan untuk merangkul seluruh komponen yang meliputi tenaga pendidik dan kependidikan serta didukung peran serta komite sekolah, orang tua peserta didik dan masyarakat di lingkungan sekolah agar memiliki komitmen bersama mewujudkan budaya mutu pendidikan.

“Argumentasi ini dididasarkan pada ekspektasi masyarakat yang sangat tinggi terhadap kualitas pendidikan baik pada sistem dan kurikulum, kualitas tenaga pendidiknya serta sarana dan prasarana yang memadai,” pungkas sekda.
“Peningkatan kualitas pendidikan di wilayah kabupaten Sumba Tengah akan mencapai tujuan apabila segenap komponen masyarakat dan pemangku kepentingan bahu membahu memberikan dukungan moril maupun moral,” terang Sekda.

Lebih lanjut sekda menghimbau agar para guru mampu melakukan seleksi penerimaan siswa baru dengan selektif sesuai dengan 8 standar Nasional yang berlaku.

“Selamat kepada Sekolah Dasar Negeri Waisumar yang telah menjadi sekolah Model pertama di Sumba Tengah bahkan di daratan pulau Sumba ini, semoga kerja keras dan kerja ikhlasnya dapat meningkatkan kemajuan pendidikan di Kabupaten Sumba Tengah.” Tutup sekda Sumba Tengah.

Diskominfo Sumba Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *