PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI DAN EVALUASI KINERJA JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SUMBA TENGAH

WAIBAKUL,-Berpedoman pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka di lingkungan Instansi Pemerintah,  Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah melalui Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah melaksanakan Uji Kompetensi Bidang (Wawancara dengan Panitia Seleksi). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 28 s/d 29 Juli 2022,  bertempat   di Ruang Aula BKPSDM Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah.

Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah ini akan diselenggarakan selama 2 hari dan di uji langsung olah Tim Panitia Seleksi (Pansel) yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat (Ketua Tim Pansel), Doktor Frans Gana, M.Si,

Dalam Uji Kompetensi ini para peserta akan diwawancara tentang wawasan, bagaimana teknik dalam pengambilan keputusan, kemudian apa inovasi yang pernah dilakukan oleh Pejabat Tinggi Pratama selama menjabat,” ucap Wakil Bupati Kabupaten Sumba Tengah.

Selanjutnya Wakil Bupati Sumba Tengah mengatakan, hasil dari uji kompetensi ini akan menjadi dasar pertimbangan Bupati Sumba Tengah untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama apakah dipindahkan pada jabatan lain yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya atau tetap pada jabatan yang sekarang. Dasar pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipol Negara dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 409 Tahun 2019 dimana standar kompetensi jabatan Aparatur Sipil Negara yang disebut standar Kompetensi ASN adalah deskripsi pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang diperlukan seorang Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan tugas jabatan serta surat Edaran Menteri PAN RB Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian JPT secara terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Kebijakan uji Kompetensi dan evaluasi kinerja ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan pada organisasi-organisasi perangkat daerah agar Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dapat ditempatkan sesuai dengan potensi dan kompetensi yang dimiliki sehingga kinerja pemerintah berjalan secara tepat sasaran dan memberikan dukungan terhadap perbaikan pelayanan masyarakat. Oleh karena itu kepada para peserta Uji Kompetensi saya berharap agar dapat mengikuti seluruh rangkaian proses ini dengan fokus dan serius sehingga diperoleh hasil yang baik,” tutup Wakil Bupati Sumba Tengah.

Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang mengikuti Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah sebanyak 13 (tiga belas) orang peserta, yang terdiri dari 13 PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah. Pejabat Tinggi Pratama tersebut antara lain Adri Umbu Raisi Sabaora, SH (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat), Ferdinant Umbu Kabalu, SE (Asisten Administrasi Umum), Frederikus Martinus Nanga, S.P (Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik), Ainy Umbu Sulung, S.Pt (Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan), Dr. Oktavianus Deky (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia), DR.Ir.Martinus Djurumana, M.Si (Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumba Tengah), Lukas Woli, SP (Kadis Kominfo Kabupaten Sumba Tengah), Sofrein U. S. Marisi (Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sumba Tengah), Anse Umbu Turajanni, S.Sos (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Tengah), Drs. Bony Umbu Pada Boli Yora (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumba Tengah), Christian Umbu Eda Sabarua, S.STP (Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Kebakaran Sumba Tengah), Ir. Umbu Saga Kuralena (Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Tengah), Ir. Zakarias Natara , MT (Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumba Tengah).

Diskominfo Sumba Tengah (D_n)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *