BAWASLU-SUMBA TENGAH, WAIBAKUL, – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Tengah secara resmi melantik Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan terpilih pada Kamis (28/10/2022) di Wisma Sola Pora Sumba Tengah. Adapun jumlah Anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik sebanyak 18 orang yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Sumba Tengah.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan Anggota Panwaslu Kecamatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Tengah, Ir. E. Rambu Tawunga yang berlangsung secara khidmat. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa dan Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Tagela Ibisola, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Sumba Tengah, Kasat Intelkam Polsek Katikutana, Danramil 1613/03 Katikutana Para Camat Se-Kabupaten Sumba Tengah, Danki Brimob kompi 3 Batalyon C dan Sekretaris KPUD dan Perangkat.

(Foto bersama setelah acara pelantikan)

“Saya atas nama Bawaslu Kabupaten Sumba Tengah mengucapkan selamat kepada Bapak Ibu yang telah dilantik pada pagi hari ini sebagai anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sumba Tengah, kegiatan pelantikan ini bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda dimana semangat para pemuda pada tahun 1928 harus lahir dalam setiap pribadi saudara-saudari dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam mensukseskan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Tengah, Ir. E. Rambu Tawunga saat mengawali sambutannya.

Lebih lanjut, Rambu Tawunga mengingatkan pentingnya bagi Panwaslu Kecamatan untuk menjaga marwah lembaga dan memiliki kinerja yang baik sebagai Pengawas Pemilu yang didukung dengan 3 hal penting yang harus dimiliki, yakni integritas, soliditas dan profesionalitas. “Perlu saya ingatkan kembali bahwa sumpah/janji yang telah Bapak Ibu ucapkan ini mengandung makna yang sangat luas baik kepada diri sendiri, orang lain maupun Tuhan yang Maha melihat. Untuk itu, laksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan ini dengan kinerja yang baik,” ingatnya.

Rambu Tawunga juga menyampaikan Panwaslu Kecamatan terpilih adalah orang pilihan dan telah melewati berbagai macam tahapan proses seleksi yang ketat, melalui kompetisi sehat, terbuka dam akuntabel. Bapak Ibu yang dilantik saat ini merupakan putra putri terbaik Kabupaten Sumba Tengah di setiap kecamatan. “Saya berpesan kepada saudara-saudari semua untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga saudara-saudari semua dapat menjalankan tugas sebaik mungkin,” imbuhnya

“Jagalah nama baik Lembaga keluarga besar pengawas dengan selalu tunduk dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tak perlu merasa tersanjung jika dipuji dan tak perlu merasa terhina ketika ada cacian, karena keteguhan hati dan sikap kita yang akan membuat kita menjadi Pengawas Pemilu yang tangguh,” tambah Rambu Tawunga.

(Berita Acara Pengambilan Sumpah/Janji Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sumba Tengah di tanda tangani oleh Ketua Bawaslu)

Adapun daftar nama Anggota Panwaslu Kecamatan Se-kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur, untuk Pemilihan Umum Tahun 2024 sebagai berikut :

  1. FANTI FERNANDA RAMBU LUBA HEINGU Kecamatan Katikutana
  2. RIANTO U. K. WALANGARA Kecamatan Katikutana
  3. SUSANTI LELI GADUNG Kecamatan Katikutana
  4. YONATAN UMBU GAUKA Kecamatan Katikutana Selatan
  5. JACQUELINE RAMBU SADA MOKI Kecamatan Katikutana Selatan
  6. UMBU RIDI DJAWAMARA Kecamatan Katikutana Selatan
  7. LATANG UMBU DUKA Kecamatan Umbu Ratu Nggay
  8. GRACEWATI RAMBU KARERI HARA Kecamatan Umbu Ratu Nggay
  9. MARIANUS U. BALLA NJURUMANA Kecamatan Umbu Ratu Nggay
  10. IREINE SURUK Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat
  11. MARTHEN GALLU WOLA NUNU Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat
  12. DOMINGGUS TIBA SAGABARA Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat
  13. KRISTOFEL TIMBA GABA Kecamatan Umbu Ratu Nggay Tengah
  14. UMBU BALLA JURUMANA Kecamatan Umbu Ratu Nggay Tengah
  15. UMBU SIWA WUNU Kecamatan Umbu Ratu Nggay Tengah
  16. NICOLAS UMBU AWANG Kecamatan Mamboro
  17. ANGGRYANI RAMBU PATTI Kecamatan Mamboro
  18. SOLEMAN UMBU NGEDO Kecamatan Mamboro

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Sumba Tengah menyampaikan saat ini berlangsungnya tahapan Pemilu dan Panwaslu Kecamatan akan terlibat mengawal proses demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2024. “Saya ucapakan selamat kapada teman-teman terpilih. Dalam ucapan selamat ini juga tersirat bahwa ada tanggungjawab yang harus teman-teman emban dalam menjalankan tugas mengawasi,” pungkas Wabup.

Wabup juga menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Sumba Tengah atas kerjasama dan kerja keras dalam melakukan seleksi dengan tidak ada kepentingan politik di dalamnya. “Kami yakin Bapak/ibu komisoner yang terpilih ini adalah kader-kader terbaik untuk mengawasi jalannya pesta demorkasi kelak dan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah terimakasih atasan dukungan dan supportnya,” lanjut Wabup.

“Mari kita jaga apa yang sudah menjadi anugerah dari Tuhan kepada kita sebagai bangsa yang besar, majemuk dan beranekaragam. Tugas dan wewenang serta kewajiban Pengawas Pemilihan Umum berdasarkan amanat UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, untuk menjaga Independensi dan komitmen laksanakan tugas sesuai amanat Undang-Undang tersebut dan saya harap dapat mengedepankan aturan dan regulasi yang berjalan dibandingkan logika dan rasa hati sehingga dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai koridor yang berlaku,” terang Wabup.

Para saksi menandatangani Berita Acara Pengambilan Sumpah, Saksi I, Marthinus  R. Walangara, SP dan Saksi II,  Yeremias Umbu Yagu, S.Sos)

“Selalu upgrade skill, kecakapan dan pola komunikasi teman-teman karena hal-hal itulah yang akan membantu kinerja teman-teman di lapangan dan selalu berkoordinasi pada tingkat diatasnya sesuai jenjang, serta mari kita kawal jalannya demokrasi agar terpilihnya wakil rakyat yang dapat memajukan daerah ini,” harap Wabup saat menutup sambutan.

Diskominfo Kabupaten Sumba Tengah

18 ORANG PANWASLU KECAMATAN DI SUMBA TENGAH RESMI DILANTIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Our Visitor

0 2 0 6 5 3
Users Today : 34
Users Yesterday : 57
Users Last 7 days : 404
Users Last 30 days : 1770
Users This Month : 404
Users This Year : 8890
Total Users : 20653
Views Today : 53
Views Yesterday : 94
Views Last 7 days : 702
Views Last 30 days : 3538
Views This Month : 702
Views This Year : 18018
Total views : 45670
Who's Online : 0
Your IP Address : 18.232.127.73
Server Time : 2022-12-08